Pengamat: Jokowi Pilih Ma'ruf Amin untuk Cegah Poros Ketiga

Pengamat Jokowi Pilih Maruf Amin untuk Cegah Poros Ketiga Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin (Foto: Setkab)

Covesia.com - Presiden Joko Widodo kemarin, Kamis (9/8/2018) mengumumkan KH Ma'ruf Amin sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendampingnya dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. 

Pengumuman ini langsung menjawab pertanyaan publik mengenai siapa sosok pendampingnya di Pilpres dan secara otomatis menggugurkan sejumlah nama yang digadang-gadang berkemungkinan kuat mendampingi Jokowi yang salah satunya Mantan Ketua MK Mahfud MD.

Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat, Edi Indrizal menilai Jokowi tentunya memiliki pertimbangan yang matang dalam memilih Ma'ruf Amin sebagai pendamipingnya.

"Jokowi pertibangan akhir saya kira memang tinggal memilih antara Ma'ruf Amin dan Mahfud MD," ungkapnya melalu pesan dari aplikasi Whatsapp, Jumat (10/8/2018) pagi.

Namun petimbangan final yang pada akhirnya tidak memilih Mahfud MD, lanjut Edi adalah untuk mengantisipasi munculnya poros ketiga.

Sebelumnya ketahui PKB berpeluang keluar dari koalisi Jokowi jika pihak Jokowi tidak memilih nama Cak Imin atau golongan dari PBNU sebagai Cawapres, dimana dikhawatirkan mampu membuat poros ketiga.

"Poros ketiga dengan sendirinya tutup buku," tambahnya.

Tidak hanya itu lanjut Koordinator Lembaga Survey Indonesia (LSI) Wilayah III ini pilihan pada Ma'ruf Amin juga menguatkan harapan untuk mewujudkan pemilu yang lebih sejuk dan lebih damai.

Diketahui juga Kamis malam kubu Prabowo Subianto juga mengumumkan Cawapresnya. Secara mengejutkan Prabowo memilih Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk mendampinginya di Pilpres 2019.

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga