China Salurkan Sumbangan Rp1,44 Miliar untuk Korban Gempa Lombok

China Salurkan Sumbangan Rp144 Miliar untuk Korban Gempa Lombok Foto: Antara

Covesia.com - Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian telah menyalurkan donasi sebesar 100 ribu dolar AS atau setara dengan Rp1,44 miliar untuk pemulihan Lombok pascagempa bumi berkekuatan 7 SR yang mengguncang pulau itu pada Minggu (5/8).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Dubes Xiao Qian kepada Ketua Eksekutif Palang Merah Indonesia Ginanjar Kartasasmita di Markas Pusat PMI Jakarta, Rabu, yang disertai penyerahan bantuan logistik berupa dua ribu tenda, dua ribu matras, dan lima ribu selimut bagi para korban bencana gemnpa bumi di Lombok.

"Sebagai bantuan awal, selain menyampaikan transfer tunai dari Palang Merah China, Kedutaan Besar China di Jakarta atas nama rakyat China juga menyampaikan bantuan logistik bagi para korban," kata Xiao.

Dubes Xiao juga memastikan China akan siap membantu dalam bentuk apapun, termasuk membangun kembali infrastruktur wilayah yang terdampak gempa setelah otoritas Indonesia selesai melakukan penilaian dampak bencana gempa bumi di Lombok.

"Kami akan mengikuti hasil penilaian yang akan dilakukan otoritas setempat tentang situasi di wilayah yang terkena bencana. Kami akan terus menyediakan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sana, apakah itu dalam bentuk uang tunai maupun barang, kami akan berusaha sebaik mungkin untuk membantu," kata dia.

Ketua Eksekutif PMI Ginanjar Kartasasmita menyampaikan terima kasih atas bantuan Palang Merah China dan pemerintah China bagi pemulihan Lombok pascagempa 7 SR, dan berjanji akan mendistribusikan semua donasi tersebut sesegera mungkin.

"Semua bantuan dalam bentuk barang akan segera kita kirim karena sangat dibutuhkan, kalau yang dalam bentuk dana, kita lihat dulu kebutuhan setempat, kemudian akan kita transfer," kata dia.

Berdasarkan data PMI, hingga Rabu (8/8),  jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Lombok mencapai 131orang dan ratusan lainnya terluka. PMI juga melaporkan kebutuhan mendesak yang diperlukan para korban yang terdampak gempa, antara lain penampungan sementara, air bersih siap minum, makanan siap saji, pelayanan kesehatan, matras, kasur, dan peralatan sanitasi. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga