Diduga Rem Blong, Truk Terjun ke Jurang Kelok 9

Diduga Rem Blong Truk Terjun ke Jurang Kelok 9 Foto: istimewa

Covesia.com - Sebuah truk Mitsubishi Fuso BA 8998 RG terjun bebas ke jurang di km 156 Jorong Hulu Air Koto Marapak Nagari Hulu Air dekat Kelok 9, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (7/8/2018) sekitar pukul 20.45 WIB. Rem blong diduga menjadi penyebab kecelakaan. 

Akibatnya, sopir dan kernet truk harus dilarikan ke Rumah Sakit karena mengalami luka-luka.

Saat kejadian, Sopir, Abi (21) yang hendak menginjak rem untuk berbelok tidak bisa mengendalikan laju truk karena rem tidak berfungsi. Truk akhirnya meluncur ke jurang sedalam 30 meter. 

Petugas sempat kesulitan mengevakuasi korban mengingat lokasi truk jatuh cukup dalam dan lokasi minim penerangan. 

Setelah berjibaku selama 3 jam, barulah sopir dan kernet truk, Zul Chandra (28) berhasil dievakuasi. 

"Karena kejadiannya malam dan jurangnya cukup dalam, petugas perlu penerangan dan beberapa peralatan untuk membantu korban. Perlu waktu sekitar 3 jam untuk menolong sopir dan kernet," ucap Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis, Rabu (08/08/2018).

Saat evakuasi, petugas melihat dari kejauhan kernet berhasil keluar truk. Dan berteriak memberitahu jika sopir terjepit dan tak sadarkan diri.

"Awalnya kernet bilang sopir meninggal dunia karena terjepit dan tak bergerak lagi. Tapi saat petugas berhasil turun, ternyata hanya pingsan. Kami langsung membawa kedua korban ke Rumah Sakit Adnan WD untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," kata Kapolres.

Sampai berita ini diturunkan, petugas masih mengevakuasi truk dari dalam jurang.

"Tim masih bekerja untuk mengevakuasi truk dari dalam jurang. Karena cukup dalam, perlu alat berat," katanya. 

Kontributor Limapuluh Kota : Hajrafiv Satya Nugraha 

Berita Terkait

Baca Juga