Polisi Amankan 1,35 Kg Sabu-sabu dari Dua Kelompok Jaringan di Sumbar

Polisi Amankan 135 Kg Sabusabu dari Dua Kelompok Jaringan di Sumbar Foto: Covesia/ Primadoni

Covesia.com - Jajaran Ditresnarkoba Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) kembali meringkus dua jaringan pengedar narkotika jenis sabu-sabu dengan total barang bukti sebanyak 1,35 Kg.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kombes Pol Kumbul KS, saat rilis perkara, Selasa (7/8/2108) di Mapolda Sumbar mengungkapkan, untuk jaringan pertama pihaknya mengamankan tiga tersangka di dua lokasi di Kota Pariaman.

"Dari penangkapan jaringan pertama, kita mengamankan tiga pengedar dengan inisial Al, APA dan NS, dengan mengamankan barang bukti sabu-sabu sebanyak 110.47 gram, pada Jumat (3/8/2018)," ungkapnya.

Kemudian kata Kumbul, untuk jaringan kedua, pihaknya mengamankan seorang warga Pekanbaru yang hendak mengedarkan sabu di Kota Padang.

"Untuk jaringan kedua, kita mengamankan tersangka S (53) di kawasan Jalan Hamka, Air Tawar, Kota Padang, pada Sabtu (4/8/2018), dengan barang bukti sabu seberat 200 gram," sebutnya.

Dari penangkapan S, Ditresnarkoba Polda Sumbar melakukan pengembangan, dan menangkap tersangka kedua dengan inisial RI (41) di Kota Pekanbaru.

"Dari penangkapan RI inilah baru didapatkan bandar besar dengan inisial RS (50) di daerah Labuhan Baru, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, pada Minggu (5/8/2018)," sebut Kumbul.

Lebih lanjut Kumbul mengatakan, dari tangan RS diamankan 29 paket sabu seberat 1,050 kg, timbangan dan barang bukti lainnya.

RS sempat menawari pihak kepolisian dengan uang Rp 1 miliar untuk menutupi kasus dirinya.

"Kami menolak tawaran itu, karena kami komitmen dengan integritas untuk membasmi peredaran narkoba di Sumbar," tegas Kumbul.

Atas perbuatan kedua kelompok jaringan pengedar dan bandar sabu tersebut, mereka akan dijerat dengan pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) dan Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 tahun 2019 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman lebih kurang 6 tahun penjara dan maksimal hukuman mati.

(don/rdk)


Berita Terkait

Baca Juga