BNPB: Tsunami Setinggi 10-13CM Masuk Daratan di Dua Desa, Masyarakat Diimbau Tak Termakan Isu

BNPB Tsunami Setinggi 1013CM Masuk Daratan di Dua Desa Masyarakat Diimbau Tak Termakan Isu Kerusakan akibat gempa Lombok (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Kepala Pusat Pemberitaan dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo mengingatkan masyarakat tidak termakan isu yang beredar di masyarakat.


Ia mengungkapkan berdasarkan data dari BMKG sejauh ini Tsunami telah menyentuh daratan di dua desa dengan ketinggian 10 cm dan 13 cm. Oleh karena itu, lanjutnya masyarakat yang berada di pesisir Lombok Barat bagian utara dan Lombok Timur Bagian Utara untuk menjauhi bibir pantai.


“Meskipun demikian diperkirakan masih akan ada gelombang selanjutnya namun dengan maksimal ketinggian maksimun setengah meter.  Jadi ini tsunami dengan level status waspada,” ungkap Sutopo.


Tak hanya itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjauhi gedung-gedung dan mencari tempat aman seperti tanah lapang karena masih akan ada gempa susulan.


“Dari laporan BMKG sudah ada 13 kali gempa susulan,” tambahnya


Gempa bermagnitudo 7 mengguncang Lombok Utara, NTB, dan sekitarnya, Minggu (5/8/2018) pada pukul 18.46 Wita. Gempa berpusat di 8.25 LS,116.49 BT, sekitar 27 km di arah timur laut.


Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. BMKG melaporkan gempa berpotensi tsunami.


(Utr)

Berita Terkait

Baca Juga