Film 'DAK Fisik dan Dana Desa' Mentawai akan Diekspos di Pertemuan Menteri Keuangan Dunia

Film DAK Fisik dan Dana Desa Mentawai akan Diekspos di Pertemuan Menteri Keuangan Dunia Proses pengambilan gambar film dokumenter DAK dan Dana Desa Mentawai oleh kru 'Alinea,' Jumat (3/8/2018). Foto: Kornelia Septin Rahayu

Covesia.com - Film Dokumenter DAK Fisik dan Dana Desa Kabupaten Kepulauan Mentawai akan diekspos dalam pertemuan Menteri Keungan Dunia, di Bali pada Oktober 2018. 

“Film dokumenter ini merupakan suatu produk Kemenkeu RI yang dilakukan di empat wilayah, salah satunya wilayah barat Indonesia di Mentawai,” tutur PPK DAK Fisik dan Dana Desa, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Padang, Deddy Hendardy, Jumat (3/8/2018).

Deddy mengatakan, film itu bertujuan untuk menyampaikan kepada dunia bahwa Dana DAK Fisik dan Dana Desa bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat dan perlu dilanjutkan pada tahun berikutnya dengan porsi yang lebih besar.

Dia menjelaskan, saat ini proses penyaluran dan pemanfaatan DAK Fisik dan Dana Desa di seluruh Indonesia sudah menggunakan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran  Negara (OM-SPAN) tanpa harus memakan biaya besar dan waktu lama.

Aplikasi OM-SPAN juga berfungsi untuk memantau transaksi dalam Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) dan menyajikan informasi sesuai kebutuhan yang diakses melalui jaringan berbasis web.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga