Emmerson Mnangagwa Terpilih Sebagai Presiden Zimbabwe

Emmerson Mnangagwa Terpilih Sebagai Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa (enza.com)

Covesia.com - Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa, mantan sekutu presiden terguling Robert Mugabe, menang tipis dalam pemilihan umum bersejarah negara itu, tunjuk hasil resmi, Jumat (03/08) pagi.

Mnangagwa meraih 50,8 persen suara, unggul atas Nelson Chamisa dari partai oposisi MDC yang memperoleh 44,3 persen suara, kata Komisi Pemilihan Umum Zimbabwe (Zimbabwe Electoral Commission/ZEC).

“Mnangagwa, Emmerson Dambudzo, dari Partai ZANU-PF oleh karena itu dinyatakan sebagai presiden republik Zimbabwe,” kata ketua ZEC Priscilla Chigumba.

Mnangagwa membutuhkan lebih dari 50 persen suara untuk memastikan kemenangan tanpa melalui pemilihan putaran kedua.

Zimbabwe mengantisipasi reaksi publik terhadap hasil pemilu -- yang pertama sejak penggulingan Robert Mugabe -- yang memicu tindakan keras mematikan terhadap demonstran.

Sebanyak enam orang tewas pada Rabu ketika tentara menembakkan peluru tajam terhadap demonstran MDC yang menyatakan bahwa pemilihan umum dicurangi.

Tentara dan polisi mengosongkan pusat kota Harare sebelum hasil pemilihan umum diumumkan. Mereka mengimbau pejalan kaki dan pedagang untuk angkat kaki, sementara Gerakan oposisi untuk Perubahan Demokratik (MDC) terus menuduh bahwa ZANU-PF mencurangi pemilu. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga