Majelis Rakyat Miskin Thailand Tuntut Perundingan RCEP Dihentikan

Majelis Rakyat Miskin Thailand Tuntut Perundingan RCEP Dihentikan Ilustrasi (viacampesina.org)

Covesia.com - Administrasi militer pemerintahan diktator dibawah junta National Council for Peace and Order (NCPO) menciptakan kesulitan besar bagi rakyat yang kurang mampu. 

Baru-baru ini AOP memberikan pemerintah militer empat tuntutan: untuk melarang agrichemical yang beracun, untuk menghentikan perusakan skema perawatan kesehatan nasional, untuk mengurangi harga minyak dan berhenti melanggar hak-hak pekerja, pada 17 Juli 2018 yang merupakan hari pertama dari putaran ke-23 negosiasi untuk Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang diadakan di Bangkok.

Negosiasi RCEP telah dilakukan selama 22 putaran dan sekarang sudah putaran ke 23. Dari setiap ronde, tidak ada informasi yang dirilis. Kami tidak tahu apa yang dinegosiasikan oleh pemerintah, dan apa dan berapa banyak dampak buruk yang akan menimpa orang miskin.

Dari pengalaman kami sendiri dan dari pertukaran pengetahuan kami dengan sesama orang miskin dari negara-negara yang sudah memberlalukan FTA , seperti Korea Selatan dan Jepang, kami sadar bahwa negosiasi perdagangan bebas tidak pernah menguntungkan orang miskin. Tetapi ini memberi peluang bagi TNC kapitalis untuk mengendalikan dan mendikte sistem pangan dan pertanian secara mutlak.

  1. Majelis Kaum Miskin perlu mengeluarkan pernyataan untuk melindungi hak dan manfaat negara dan rakyat-rakyat ini. Kami menuntut:
  2.  Perundingan RCEP harus dihentikan. 
  3. Semua negara yang terlibat dalam negosiasi RCEP harus mengungkapkan semua informasi terkait kepada publik. 
  4. Sebelum dan sesudah negosiasi perdagangan, semua negara harus mendapatkan persetujuan dari orang-orang mereka melalui proses parlemen. Karena pemerintahan diktatorial militer di bawah NCPO tidak dipilih oleh orang-orang, itu tidak memiliki legitimasi untuk bernegosiasi atas nama rakyat Thailand. Kami menuntut pemerintah diktator militer untuk menghentikan perannya dalam negosiasi RCEP segera.

(ril)

Bersama :

1. Assambly of the poor thailand ( bharahmi) la via campesina thailand

2. KRRS india (kanayan) la via campesina india

3. Spi (la via campesian indonesia)

Berita Terkait

Baca Juga