Mantan Pemimpin Hongkong Dilarikan ke RS Setelah Diputus Bersalah Pengadilan

Mantan Pemimpin Hongkong Dilarikan ke RS Setelah Diputus Bersalah Pengadilan Mantan Pemimpin Hongkong Donald Tsang (asiaone)

Covesia.com - Mantan pemimpin Hong Kong Donald Tsang masuk rumah sakit pada Jumat (20/07) setelah kalah banding terhadap dakwaan kesalahan manajemen dalam salah satu kasus korupsi yang melibatkan orang paling berpengaruh.

Tsang dipenjara tahun lalu setelah terbukti bersalah tidak mengungkap rencananya untuk menyewa sebuah apartemen mewah dari sebuah investor besar dalam sebuah penyiaran, yang kemudian diberikan izin oleh pemerintah yang saat itu dia pimpin.

Tsang (73), yang memegang jabatan pemimpin eksekutif selama tujuh tahun dari 2005, merupakan pejabat kota paling senior yang didakwa dalam sidang pidana dan pejabat tertinggi yang dibui.

Persidangannya digelar di periode ketika warga kehilangan kepercayaan terhadap pemimpin Hong Kong setelah serangkaian kasus korupsi memperpanas dugaan soal hubungan antara pejabat publik dengan pengusaha.

Tsang dibebaskan dengan jaminan tahun lalu setelah dua bulan dipenjara, sambil menunggu banding.

Pengadilan Banding mengirimnya kembali ke penjara pada Jumat, tetapi tidak lama setelah dia digiring ke luar ruang sidang oleh penjaga keamanan, Tsang dibawa dengan ambulans.

Media setempat melaporkan bahwa dia “merasa tidak enak badan” dan memakai masker oksigen. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga