Tak Didaftarkan jadi Bacaleg, Sejumlah Kader Gerindra Sumbar Unjuk Rasa

Tak Didaftarkan jadi Bacaleg Sejumlah Kader Gerindra Sumbar Unjuk Rasa Sejumlah kader dan organisasi sayap Partai Gerindra lakukan aksi damai di depan kantor DPD Gerindra, Kamis (19/7/2018)

Covesia.com - Sejumlah kader dan organisasi sayap Partai Gerindra lakukan aksi unjuk rasa (Unras) di depan kantor DPD Gerindra, kegiatan tersebut dilakukan lantaran ada beberapa nama kader partai yang tidak masuk daftar bakal calon legislatif (Bacaleg) pada Pemilu 2019 mendatang.

"Ada temuan bahwa pengurus meninggalkan berkas Bacaleg ditengah jalan padahal sebelumnya mereka masuk kedalam daftar Bacaleg yang direkomendasikan DPP," ujar Penasehat DPD Gerindra Sumbar, Hanafi Zed

Kata Hanafi, ada beberapa temuan termasuk di Dapil Sumbar 2 Bacaleg atas nama Indra Kasman yang ditukar dan dihilangkan namanya, padahal sebelumnya telah direkomendasikan DPP.

"Kita tidak ingin kejadian ini berpengaruh terhadap Pemilu 2019 mendatang, oleh sebab itu kita juga akan menyampaikan ke DPP untuk pengantian oknum pengurus yang terlibat dalan hal ini," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa untuk nama-mana tersebut sudah ada SK di antaranya dengan nomor 07-059/Kota/BACALEG/DPP-GERINDRA/2018 untuk DPRD Provinsi. Selanjutnya SK DPP nomor 07-073/Kpts/BACALEG/DPP-GERINDRA/2018 untuk DPRD Kota.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Sumbar Nasrul Abit menyebutkan, ada yang kurang pas dan pihaknya sedang mempelajari dimana titik permasalahannya dan akan  diselesaikan secara internal partai.

"Sekarang kita sedang mencari semua data siapa yang masuk dan yang tidak masuk daftar Bacaleg, sebetulnya usulan dari bawah 20 DPP mempunyai hak untuk merubahnya," ujar Nasrul Abit

Terkait adanya kader yang meminta ia  mengundurkan diri dari DPD, ia mengaku itu tidak menjadi masalah, "Itu hak mereka untuk menuntut, ya tidak apa," ujarnya.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga