BNN Sita Rp3,9 Miliar Diduga Hasil Kejahatan Bandar Narkoba

BNN Sita Rp39 Miliar Diduga Hasil Kejahatan Bandar Narkoba Dok.BNN

Covesia.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengamankan IN, seorang pemilik rekening PT Surya Subur Jaya dan PT Nusa Maju Jaya karena terlibat dalam kejahatan tindak pidana pencucian uang yang diduga kuat menerima aliran dana dari bandar narkoba bernama Irawan. 

"Dari tersangka IN, petugas menyita uang dari dua rekening, dan 1 unit rumah dengan total nilai aset sebesar ± Rp 3,9 Miliar," kata Kepala BNN Heru Winarko dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Heru menjelaskan, kasus ini terungkap saat BNN mengamankan napi bernama Irawan alias Dagot di Rutan Kelas IIA Pontianak, atas keterlibatannya dalam peredaran shabu seberat 10,39 Kg.

Selanjutnya petugas melakukan pengembangan dan mengamankan F yang berperan sebagai pengelola keuangan tersangka Irawan, di daerah Gg Ponti Agung Dalam, Komplek Victory, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. 

Dari hasil analisis keuangan, ditemukan transaksi keuangan pembayaran dari hasil kejahatan narkotika dari Irawan ke pemilik rekening PT Surya Subur Jaya atas nama inisial IN selama beberapa kali sepanjang tahun 2017 dengan total uang sebanyak Rp 2,5 Miliar. 

Selanjutnya, petugas BNN mengamankan IN di daerah jalan Kruing II, perum Pandau Permai, Kampar, yang merupakan direktur sekaligus pemilik rekening  PT Surya Subur Jaya dan PT Nusa Maju Jaya.

Tersangka IN diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum menyimpan, mentransfer, menerima dan menikmati uang hasil kejahatan narkotika.

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 137 huruf b UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 3,4, dan 5 ayat (1) UU No.8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, tersangka dijerat dengan maksimal hukuman 20 tahun penjara.  

(jon)

Berita Terkait

Baca Juga