Pemimpin NATO Adakan Pertemuan Darurat Setelah Desakan Trump

Pemimpin NATO Adakan Pertemuan Darurat Setelah Desakan Trump Presiden AS Donald Trump (mirror)

Covesia.com - Para pemimpin NATO mengadakan pertemuan darurat tidak terencana di konferensi tingkat tinggi di Brussel, Kamis (12/07), setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak sekutu untuk segera meningkatkan anggaran pertahanan mereka, kata narasumber diplomatik kepada AFP.

Di hari kedua KTT, Trump kembali mengingatkan negara-negara untuk memenuhi target anggaran dua persen dari produk domestik bruto (PDB) saat ini, bukan sebelum 2024, dan pada akhirnya menggandakan anggaran menjadi empat persen.

Dalam pertemuan para sekutu dengan Ukraina dan Georgia, “Trump memanfaatkan waktu berbicaranya untuk kembali ke masalah pembagian beban,” ungkap salah satu narasumber diplomatik yang tidak ingin disebutkan namanya.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg “oleh karena itu mengadakan pertemuan dalam format Dewan Atlantik, yang melibatkan ke-29 negara dalam aliansi.”

Narasumber tersebut menolak berkomentar mengenai kabar bahwa Trump mengancam akan keluar dari NATO.

Seorang narasumber diplomatik lainnya mengatakan bahwa “sidang khusus tentang pembagian beban sedang berlangsung.” (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga