Donald Trump: Jerman Menjadi 'Tawanan' Rusia

Donald Trump Jerman Menjadi Tawanan Rusia Presiden AS Donald Trump (mirror)

Covesia.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengkritik Jerman di awal konferensi tingkat tinggi NATO di Brussel, Rabu (11/07), menyebut kesepakatan gas “tidak pantas” dengan Rusia membuatnya menjadi “tawanan” Rusia.

Trump tampaknya membuat Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg terkejut saat dia mengabaikan formalitas sopan jamuan pagi dan mengecam Berlin dan para sekutu lainnya karena tidak membayar kewajiban mereka.

“Jerman menjadi tawanan Rusia karena mereka mendapatkan begitu banyak energi dari Rusia,” kata Trump, mengacu kepada kesepakatan Berlin untuk pipa gas Nord Stream II.

“Semua orang membicarakannya di seluruh dunia, mereka mengatakan kami membayar Anda miliaran dolar untuk melindungi Anda, tetapi Anda membayar miliaran dolar untuk Rusia.

Trump menambahkan bahwa “Jerman sepenuhnya dikendalikan oleh Rusia.”

Trump akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di ibu kota Finlandia pada 16 Juli untuk konferensi tingkat tinggi pertama mereka, di tengah penyelidikan di Amerika Serikat atas kemungkinan kolusi kantor kampanye Trump dengan Rusia. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga