Trump Kecam Belanja Militer Negara NATO

Trump Kecam Belanja Militer Negara NATO Presiden AS Donald Trump (mirror)

Covesia.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengkritik belanja militer negara anggota NATO dan mengatakan hal tersebut lebih menguntungkan Eropa dibandingkan Amerika Serikat (AS), Senin (09/07).

“AS melakukan belanja jauh lebih banyak untuk NATO dibandingkan negara lain mana pun. Ini tidak adil, juga tidak bisa diterima,” tweet Trump sehari sebelum menghadiri KTT dengan para pemimpin aliansi tersebut, yang akan digelar pada 11-12 Juli di Brussel.

“Meski negara-negara ini telah meningkatkan kontribusi mereka sejak saya menjabat, mereka harus berbuat lebih banyak lagi,” tulisnya, seraya menambahkan bahwa NATO “sangat menguntungkan Eropa dibandingkan AS.”

Trump berulang kali mengkritik negara-negara NATO atas dugaan tidak menambah beban finansial mereka, dan telah merangkul Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan ketika hubungannya dengan beberapa sekutunya di Barat memanas.

Beberapa diplomat khawatir pertemuan yang diwarnai banyak perselisihan di Brussel dapat melemahkan upaya untuk menunjukkan kesatuan dalam menghadapi ancaman yang kian berkembang di wilayah timur aliansi tersebut, khususnya rencana pertemuan Trump dengan Putin di Helsinki beberapa hari kemudian.

Trump menegaskan bahwa dia akan “benar-benar siap” menghadiri pertemuan dengan Putin, mengatakan bahwa dia “mungkin akan menjalin hubungan yang bahkan lebih baik lagi” dengan pemimpin Rusia itu. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga