Iran Tuding Donald Trump Ganggu Kestabilan Pasar Minyak Dunia

Iran Tuding Donald Trump Ganggu Kestabilan Pasar Minyak Dunia Presiden AS Donald Trump (mirror)

Covesia.com - Iran, Sabtu (07/07), menuduh Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengganggu kestabilan pasar minyak dengan cuitannya yang mengkritik Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC).

“Saat ini... harga tergantung pada perilaku Trump,” kata Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh di televisi pemerintah.

“Setiap hari, Trump memiliki pesan atau pernyataan baru yang menimbulkan kekhawatiran di pasar, atau dia memberikan anggota OPEC perintah yang sangat menyinggung,” atau menuntut negara-negara lain meningkatkan produksi mereka, kata Zanganeh.

“Itu merupakan penghinaan terhadap rakyat dan kedaulatan nasional negara-negara ini dan itu juga mengganggu stabilitas pasar,” imbuhnya yang dilansir dari Antara.

Dalam cuitan terbarunya tentang masalah tersebut pada Rabu, Trump mengatakan bahwa “Monopoli OPEC harus ingat bahwa harga gas naik dan mereka tidak berbuat banyak untuk membantu.”

Dia telah berulang kali mendesak OPEC, yang mencakup sekutu utama AS, Arab Saudi, untuk meningkatkan produksinya.

OPEC dan para produsen lain termasuk Rusia sepakat bulan lalu untuk meningkatkan produksi sekitar satu juta barel per hari. Langkah tersebut diambil setelah OPEC memangkas produksi minyak untuk mengatasi kelebihan pasokan global dan mendongkrak harga minyak. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga