UNY Dukung Tim Garuda Ikuti Kompetisi Adu Cepat Mobil Hemat Energi di London

UNY Dukung Tim Garuda Ikuti Kompetisi Adu Cepat Mobil Hemat Energi di London Ilustrasi (garudauny.com)

Covesia.com - Rektor Universitas Negeri Yogjakarta (UNY) Prof Dr Sutrisna Wibawa memberikan dukungan kepada 10 anggota delegasi Tim Garuda UNY Team yang mengikuti kompetisi adu cepat mobil hemat energi Drivers` World Championship (DWC) 2018.

Kegiatan DWC 2018 tengah berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park, Stratford, London, sejak tanggal 5 hingga 8 Juli ini.

"Alhamdullilah kemarin dapat izin dari Menteri Pendidikan dan saya langsung menjadwalkan ulang perjalanan ke Inggris dalam rangka untuk memberikan dukungan kepada seluruh anggota tim," ujar Prof Dr Sutrisna Wibawa, kepada Antara London, Sabtu (7/7), pada saat bertemu dengan seluruh tim Garuda UNY yang baru saja usai melakukan latihan di track.

Rektor mengatakan kehadirannya di Inggris selain memberikan dukungan kepada seluruh anggota Tim Garuda UNY juga untuk bertemu dengan tim publisher di London dalam rangka menggalang kerja sama di bidang penerbitan jurnal ilmiah.

Diharapkannya Tim Garuda UNY yang tampil untuk pertama kalinya bisa maksimal dan dapat menjuarai ajang balap mobil hemat bahan bakar Shell Eco Marathon seperti yang dihasilkan pada saat bertanding di Singapura beberapa waktu lalu dan mewakili Asia ke ajang bergensi di London, Inggris.

Menurut Rektor, apa yang dilakukan para mahasiswa UNY di London merupakan bagian dan riset dan pengembangan yang berhasil dilakukan selama ini di mana dalam waktu dua tahun telah memperlihatkan hasil.

Tim Garuda UNY setelah melalui perjalanan panjang sejak kompetisi di tingkat Nsional dan Regional Asia, dan akhirnya berhasil mendapatkan tiket bertanding di Drivers` World Championship di London. Kompetisi ini merupakan ajang balap cepat antar mobil hemat energi tingkat dunia diwakili oleh 3 regional Shell Eco-Marathon (SEM) Asia, Amerika dan Eropa yang berjumlah sembilan tim. Tim Garuda sebelumnya juara dl tingkat Asia.

Rektor mengharapkan keberhasilan tim Garuda UNY bisa menjadi inspirasi dan memotivasi rekan-rekan mahasiswa lainnya untuk juga bisa mengikuti jejak para pendahulu. Apalagi keberhasilan ini nanti juga akan diperhitungkan sebagai tugas akhir mereka.

Dikatakan pihak Universitas akan memberikan pengakuan apa yang dicapai oleh anggota tim Garuda UNY ini di ajang bergengsi DWC sebagai hasil dari tugas skripsi yang dilakukan merupakan bentuk dari pengakuan universitas kepada seluruh anggota tim.

Sebelum terjun di kompetisi tim Garuda diharuskan mengikuti proses inspeksi teknis sebagai syarat untuk lolos kualifikasi DWC.

Pada Kamis lalu. tim berhasil lolos TI tanpa evaluasi mayor dari panitia. Panitia bahkan memuji kerapian hasil kerja tim pada ketepatan pemasangan telemetri yang dianggap tim lain menyulitkan.

Team Manager Garuda UNY Eco Team, Ilham Nofi Yoga kepada Antara mengatakan bahwa tim nya cukup kompak meskipun tampil untuk pertama kalinya di ajang DWC. ┬┐Alhamdulillah berkat kekompakan teman-teman dan keyakinan, kita dapat saling bahu-membahu, sehingga tim untuk pertama kalinya ini, bisa mengikuti kompetisi DWC 2018, ujarnya.

Tim Garuda UNY ke DWC termasuk dosen Sutiman yang bertindak sebagai advisor, serta Fauzi Achmad Prapsita sebagai Driver dibantu teknisi terdiri dari Yudha Hindrawan, Nyana Pintaka, Anggun Mahirezqi Hidayat, Moh Luthfi Fauzul Adhim, Nur Khamdan, I Wayan Yogi Arta dan Bekti Febriarti sebagai humas. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga