Hingga Awal 2015, Ada 21 Universitas Berakreditasi A

Hingga Awal 2015 Ada 21 Universitas Berakreditasi A Ilustrasi toga yang dipakai saat wisuda oleh mahasiswa saat menamatkan study di perguruan tinggi (Foto: ajnn.net)

Covesia.com - Istilah akreditasi tentu sudah tidak asing lagi bagi perguruan tinggi. Karena, setiap perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta harus melakukan akreditasi. Berdasarkan UU perguruan tinggi, jika perguruan tinggi tidak melakukan akreditasi, maka tidak boleh mengeluarkan ijazah.

Akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 1996 ini merupakan usaha untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan dan juga sebagai alat dalam mengukur kesiapan suatu PT untuk melakukan proses pendidikan.

Setelah dilakukan penilaian oleh BAN-PT, biasanya hasil akhirnya akan muncul dalam bentuk rangking A, B, dan C yang akan berlaku selama lima tahun dan harus diperbarui kembali. Indikator penilaian ini meliputi kurikulum setiap program pendidikan, jumlah tenaga pendidik, keadaan mahasiswa, kordinasi pelaksanaan pendidikan, admistrasi akademik, jumlah pegawai, sarana dan prasarana dan transparasi keuangan.

Hingga, akhir tahun 2014, terdapat 164 universitas yang akreditasinya masih berlaku. Dilansir Covesia dari situs resmi BAN-PT, saat ini terdapat 21 universitas yang berakreditasi A. Dari jumlah tersebut, hanya ada 2 universitas dari luar Pulau Jawa, yakni Universitas Andalas di Padang Sumatera Barat dan Universitas Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan.

Berikut adalah 21 Universitas yang memiliki akreditasi A tersebut;

1. Institut Pertanian Bogor

2. Institut Teknologi Bandung

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

4. Universitas Airlangga

5. Universitas Andalas

6. Universitas Brawijaya

7. Universitas Diponegoro

8. Universitas Gadjah Mada

9. Universitas Gunadarma

10. Universitas Hasanuddin

11. Universitas Indonesia

12. Universitas Islam Indonesia

13. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

14. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

15. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

16. Universitas Kristen Petra

17. Universitas Muhammadiyah Malang

18. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

19. Universitas Negeri Malang

20. Universitas Padjadjaran

21. Universitas Sebelas Maret

(osd/zik)

Berita Terkait

Baca Juga