Pria Palestina Tewas Ditembak Pasukan Israel

Pria Palestina Tewas Ditembak Pasukan Israel Warga Palestina mengusung jenazah warga Palestina Osama Abu Khater, yang tewas akibat luka setelah ditembak pasukan Israel dalam protes di perbatasan Israel-Gaza, di Khan Yunis, 24 Juni 2018. AFP Photo/ Said Khatib

Covesia.com - Seorang pria Palestina yang ditembak oleh pasukan Israel dua hari lalu dalam bentrokan di perbatasan Gaza, Minggu (24/6/2018), tewas akibat luka yang dideritanya, ungkap Kementerian Kesehatan di wilayah kekuasaan Hamas tersebut.

“Osama Khalil Abu Khater (29) meninggal akibat luka di bagian perutnya setelah ditembak oleh musuh Israel di timur Khan Yunis sehari sebelumnya, kemarin,” ujar juru bicara kementerian, Ashraf al-Qudra.

Beberapa sumber Palestina mengatakan dia ditembak selama bentrokan di perbatasan.

Sedikitnya 134 warga Palestina tewas dalam bentrokan sejak protes massal meletus di sepanjang perbatasan Gaza pada 30 Maret.

Tidak ada korban tewas dari pihak Israel.

Protes tersebut memuncak pada 14 Mei ketika sedikitnya 62 warga Palestina tewas saat ribuan orang mendekati pagar perbatasan yang dijaga ketat pada hari ketika Amerika Serikat (AS) memindahkan kedutaan mereka di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Israel mengatakan keputusannya untuk menggunakan peluru tajam penting dilakukan untuk melindungi perbatasannya dan menghentikan penyusupan. Mereka menuding penguasa Gaza, Hamas, berusaha memanfaatkan protes tersebut sebagai alasan untuk melancarkan serangan.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga