Palestina Sebut Upaya AS Selesaikan Konflik 'Ditakdirkan' Gagal

Palestina Sebut Upaya AS Selesaikan Konflik Ditakdirkan Gagal Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Upaya Amerika Serikat (AS) untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina “ditakdirkan gagal,” kata Otoritas Palestina, yang telah membekukan kontak dengan Washington karena dianggap bias, Sabtu (16/06).

Juru bicara Otoritas Palestina Nabil Abu Rudeina mengatakan kepada wartawan bahwa tur regional oleh penasihat Gedung Putih Jared Kushner dan utusan khusus Presiden AS Donald Trump untuk Timur Tengah Jason Greenblatt pada pekan depan “tidak akan menghasilkan apa-apa”.

Menurut media Israel, mereka akan mengunjungi Israel, Mesir dan Arab Saudi.

“Tanpa menghormati resolusi konferensi tingkat tinggi Arab dan Dewan Keamanan PBB... dan terutama tanpa persetujuan rakyat Palestina... (upaya perdamaian AS) akan ditakdirkan gagal dan akan menimbulkan ketidakstabilan di kawasan,” kata Abu Rudeina.

Palestina marah dengan pengumuman Trump pada Desember yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan besar negaranya ke sana dari Tel Aviv.

Mereka menganggap Jerusalem timur sebagai ibu kota masa depan mereka, menegaskan bahwa masa depan kota sengketa tersebut adalah masalah yang harus dinegosiasikan antara Israel dan Palestina.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga