Momentum Idul Fitri: Umat Islam Harus Saling Mengasihi

Momentum Idul Fitri Umat Islam Harus Saling Mengasihi Ilustrasi

Covesia.com - Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam Al Azhar H. Sobirin, HS mengatakan Islam adalah agama pemersatu yang di dalamnya juga mengajarkan kasih sayang sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

"Sebagaimana semestinya umat Islam antara satu dengan yang lain harus saling mengasihi, saling tolong menolong, dan saling merasa suka dan duka," kata Sobirin di Masjid Agung Al Azhar Jakarta, Jumat.

Sobirin mengatakan hal tersebut ketika memberikan khotbah saat Shalat Ied Hari Raya Idul Fitri 1439 H di Masjid Agung Al Azhar Jakarta.

Dalam khotbahnya Sobirin menggambarkan bahwa umat Islam bagaikan satu tubuh yang dapat saling merasakan, dimana bila ada satu bagian tubuh yang sakit, maka yang lain juga akan terasa sakit.

"Sebaliknya bila tubuh itu sehat dan segar maka tubuh akan bekerja dengan semangat, gairah, dan baik," kata Sobirin.

Oleh sebab itu Sobirin mengajak seluruh umat Islam untuk lebih erat memperkokoh persatuan dan persaudaraan, supaya dapat mengamalkan ajaran Islam secara "kaffah".

"Islam adalah agama pemersatu bukan agama pemecah belah, dan Islam adalah agama yang dapat diterima oleh semua manusia yang berakal sehat," kata Sobirin.

Khotbah yang disampaikan oleh Sobirin ini disesuaikan dengan imbauan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang meminta seluruh khatib yang akan memberikan khotbah saat Shalat Ied Hari Raya Idul Fitri 1439 H, menyebarkan pesan damai kepada seluruh umat.

Usai jumpa pers Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1439 H, Menteri Lukman menyampaikan bahwa khotbah yang disampaikan para khatib harus membawa pesan kemanusiaan dan mempersatukan seluruh masyarakat.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga