Demi Efisiensi, Tesla Pecat 3.300 Karyawan

Demi Efisiensi Tesla Pecat 3300 Karyawan Ilustrasi

Covesia.com - CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa perusahaan akan memberhentikan 9 persen karyawannya untuk memotong biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan karyawan.

Harga saham Tesla kini melonjak 3,2 persen di tengah kabar rencana pemecatan karyawannya, yang ditutup pada nilai USD342,77 per saham.

“Kami mengevaluasi masing-masing posisi, apakah pekerjaan tertentu dapat lebih efisien dan produktif, dan dengan menilai keterampilan dan kemampuan khusus dari setiap individu di perusahaan,” tulis Musk dalam email yang dikirim ke semua karyawan Tesla,yang dilansir dari Anadolu Agency, Rabu (13/6).

Berdasarkan perhitungan perusahaan ada sekitar 3.300 orang kemungkinan akan diberhentikan.

Investor telah menekan perusahaan untuk mempercepat produksi sedan mewah model 3-nya. Musk mencatat bahwa pemangkasan karyawan tidak akan berdampak pada produktivitas produksi mobil Model 3.

Sebelumnya, Tesla mengatakan saat pertemuan pemegang saham bahwa produksi Model-3 sudah mencapai mencapai 3.500 mobil per minggu.

Perusahaan ingin meningkatkan produksi menjadi 6 ribu per minggu pada akhir Juni untuk mencapai titik impas pada setiap mobil yang diproduksi. Bagian dari peningkatan ini termasuk memperkerjakan karyawan baru.

Menurut Musk, PHK merupakan efek yang tidak terhindarkan dari upaya perusahaan untuk mencapai keuntungan yang lebih maksimal.

“Karena Tesla tidak pernah menghasilkan laba tahunan dalam hampir 15 tahun sejak kami ada, keuntungan jelas bukan motivasi kami,” lanjut Musk.

“Misi kami untuk mempercepat transisi dunia menuju energi yang bersih dan berkelanjutan, tetapi kami tidak akan pernah mencapai misi itu kecuali kami memperoleh keuntungan berkelanjutan. Itu adalah kritik tidak adil yang valid terhadap sejarah Tesla hingga saat ini. ”

Secara total, Tesla memperkerjakan sekitar 37.000 orang, perkiraan perusahaan.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga