Empat Penyelundup 10 Kilogram Sabu Ditangkap di Muara Baru Jakut

Empat Penyelundup 10 Kilogram Sabu Ditangkap di Muara Baru Jakut Foto: Dok BNN

Covesia.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap empat pelaku terkait kasus narkotika jenis sabu di pelabuhan Muara Baru, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.

Kabag Humas BNN Kombes Sulistiandriatmoko menjelaskan keempat pelaku diamankan Minggu malam.  "Minggu malam, 10 Juni 2018, telah dilakukan penangkapan pelaku TP Narkotik di Pelabuhan Muara Baru, Kec. Penjaringan Jakarta Utara," kata Sulis dalam keterangannya, Senin (11/6/2018).

Keempat pelaku yang diamankan yakni Ahmad Badroni als kaka (penerima barang di Jakarta dan akan bawa ke Surabaya), Mulyadi (pembawa ke Surabaya), Alimudin (pengendali) dan Kendek als Kendi (pembawa Shabu dr Palembang ke Jakarta).

Dari tersangka, petugas berhasil menyita barang bukti narkotika jenis sabu seberat lebih kurang 10 kilogram  (9.976 gram). Selain itu, petugas juga menyita satu unit mobil, Kartu identitas dan beberapa HP

Menurut Sulis, modus operandi para pelaku adalah mengirim narkotika tersebut melalui jalan darat dari Aceh ke Palembang. 

Setelah dilakukan penyelidikan oleh tim gabungan BNN dan Beacukai, diketahui bahwa narkoba tersebut selanjutnya dari Palembang- Jakarta dibawa dengan  kapal kayu “perintis”  dan bersandar di pelabuhan Muara Baru.

Setelah turun dari kapal, tambah Sulis, barang dimasukkan ke dalam bajaj dan dibawa keluar dari pelabuhan. Pada saat para tersangka akan serah terima barang, petugas BNN melakukan penangkapan.

"Narkotika tersebut disembunyikan dalam tabung sound system di bawa naik kapal umum dari Palembang menuju Muara Baru Jakarta. Tujuan akhir pengiriman narkotika adalah Surabaya," tutur Sulis.

(jon)

Berita Terkait

Baca Juga