Israel Klaim Hancurkan Terowongan Bawah Laut Hamas

Israel Klaim Hancurkan Terowongan Bawah Laut Hamas Tentara Israel mengambil posisi saat bentrokan dengan para demonstran Palestina di desa Kfar Qaddum, dekat Nablus di wilayah yang diduduki di Tepi Barat pada 25 Mei 2018. Jaafar Ashtiyeh/ AFP

Covesia.com - Serangan udara Israel di Jalur Gaza menghancurkan terowongan Hamas yang memberi akses rahasia ke laut dari pangkalan mereka, ungkap tentara Israel pada Minggu (10/6/2018).

Juru bicara militer Jonathan Conricus mengatakan kepada wartawan bahwa terowongan itu, terowongan jenis pertama yang ditemukan oleh intelijen Israel, diserang pada 3 Juni di utara Jalur Gaza saat pesawat Israel menggempur belasan target militan di Gaza.

“Kami terus memantau Conricus dengan menggunakan semua kemampuan operasional, teknis dan intelijen kami yang ada,” tambahnya.

Serangan pekan lalu diluncurkan sebagai aksi balasan atas serangan roket yang ditembakkan terhadap Israel dari Palestina di Gaza.

Conricus menyebutkan bahwa terowongan tersebut dioperasikan dari fasilitas militer penguasa Gaza, Hamas, ke Laut Mediterania, “beberapa meter jauhnya” di kedalaman dua sampai tiga meter di bawah laut.

“Terowongan itu dapat memfasilitasi aktivitas permusuhan terhadap Israel,” katanya, seraya menambahkan bahwa pintu keluar terowongan itu di bawah laut sekitar tiga kilometer jauhnya dari perbatasan Israel.

Dia mengatakan bahwa terowongan itu telah digunakan untuk pelatihan dan “operasional” Hamas.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga