Selama Lebaran, Puskesmas di Pekanbaru Buka 24 Jam

Selama Lebaran Puskesmas di Pekanbaru Buka 24 Jam Ilustrasi

Covesia.com - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menerbitkan kebijakan operasional Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) selama 24 jam pada libur Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Edarannya sudah kami sampaikan ke semua puskesmas yang ada di Pekanbaru agar ditentukan siapa petugas secara bergantian, " kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy, di Pekanbaru, Sabtu.

Zaini Rizaldy menyatakan operasional Puskesmas 24 jam selama lebaran Idul Fitri 1439 H ini guna mengantisipasi apabila ada warga yang mendadak memerlukan pertolongan pertama bisa cepat di layanani walau dalam posisi semua kantor libur.

Dikatakannya, hingga kini terdapat sebanyak 21 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan se- Kota Pekanbaru.

Di antaranya Puskemas Tenayan Raya, Puskemas Harapan Raya, Puskesmas Lima Puluh, Puskesmas Sail dan Puskemas Garuda. Lalu Puskesmas Melur, Puskesmas Langsat, Puskemas Payung Sekaki dan Puskesmas Senapelan.

"Semua ini bisa melayani pertolongan pertama bagi pasien, dan jika memerlukan tindakan lanjutan langsung dirujuk," terangnya.

Ada juga diantaranya bahkan yang menjadi Puskesmas Rawat Inap, seperti Puskesmas Sidomuyo, Simpang Tiga, Puskesmas Simpang Baru, Puskesmas Rumbai Pesisir, Puskesmas Karya Wanita, Puskesmas Umban Sari, Puskemas Rumbai Bukit dan Puskemas Muara Fajar. Serta Puskesmas Wisata, Puskesmas Plus Sapta Taruna dan Puskesmas Rejosari.

"Kami tetap melayani masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Seluruh Puskesmas tetap beroperasi seperti biasa," tegas Zaini.

Sementara itu Dinas Perhubungan Pekanbaru telah membuka posko mudik lebaran di beberapa titik diantaranya di posko Sungai Duku, posko komando taktis dan posko yang dibentuk Kementerian Perhubungan RI di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS).

"Personel kami terbagi tiga, 33 personel diturunkan di poskotis bersama tim terpadu," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dishub Pekanbaru Kendi Harahap, di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakannya, selama proses arus mudik dan arus balik nantinya, semua personel akan tetap siaga di posko yang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Personel teknis kami diturunkan untuk membantu di posko yang dibentuk Balai Perhubungan RI dan sisanya fokus ke posko di Pelabuhan Sungai Duku yang menjadi kewenangan kami," tuturnya.

Dijelaskan, semua personel tersebut mulai siaga pada hari Jumat (8/6) sesuai dengan posko masing masing.

"Jumat personel kota sudah siaga di posko. Kami tidak ada cuti Idul Fitri," pungkasnya.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga