Pemudik Terminal Pulo Gebang Naik 250 Persen

Pemudik Terminal Pulo Gebang Naik 250 Persen Ilustrasi - Sejumlah calon pemudik memadati Terminal Kalideres, Jakarta. Antara Foto/ Rivan Awal Lingga

Covesia.com - Jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, pada H-8 Lebaran mencapai sekitar 5.000-an penumpang atau melonjak 250 persen dibanding hari biasa yang tercatat sekitar 2.000-an penumpang per harinya.

Berdasarkan data angkutan lebaran Dinas Perhubungan Jakarta Timur, jumlah bus yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang pada H-8 mencapai 248 bus dengan jumlah penumpang 5.193 orang.

"Jumlah penumpang sudah melonjak ya. Kalau reguler 2.000-an. Beberapa hari lalu 3.000-an, kemarin 5.000. Ini memang grafiknya sudah mulai naik," kata Kepala Satuan Pelaksana Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang Noviesa F Pinem saat ditemui di ruang tunggu penumpang, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Pinem menuturkan, puncak arus mudik di Terminal Pulo Gebang sendiri diprediksi terjadi pada H-2 atau H-3 Lebaran.

Kendati demikian, jumlah penumpang pada puncak arus mudik diperkirakan tidak sebanyak pada tahun lalu yang tercatat mencapai 13.133 penumpang pada H-3 Lebaran.

Menurut Pinem, salah satu penyebabnya karena libur lebaran kali ini lebih panjang dibandingkan tahun lalu.

"Karena libur panjang, jadinya terpecah. Cuti bersama kan mulai tanggal 11, jadi Jumat minggu ini sudah mulai mudik," ujar Pinem.

Untuk Jumat ini atau H-7 Lebaran sendiri, pada pukul 11.00 WIB, jumlah bus yang sudah berangkat dari Terminal Pulo Gebang mencapai 68 bus dengan jumlah penumpang 2.153 orang.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga