NATO Tolak Qatar Jadi Anggota

NATO Tolak Qatar Jadi Anggota Logo NATO (vipr-bg.com)

Covesia.com - NATO pada Rabu (06/06) menolak tawaran Qatar untuk bergabung dengan aliansi pertahanan militer Barat itu, mengatakan keanggotaan sudah diperuntukkan kepada Amerika Serikat dan Eropa.

Mereka merespons sebuah komentar dari menteri pertahanan Qatar pada Selasa bahwa “ambisi” strategis jangka panjang negaranya adalah bergabung dengan NATO.

“Menurut Pasal 10 Perjanjian Washington, hanya negara-negara Eropa yang bisa menjadi anggota NATO,” kata seorang pejabat NATO kepada AFP.

“Qatar adalah mitra lama dan berharga bagi NATO,” katanya.

Berbicara di peringatan tahunan sengketa diplomatik di antara negara Teluk yang membuat Qatar diisolasi dari bekas sekutu regionalnya, Menteri Pertahanan Mohamed Al-Attiyah mengatakan Qatar ingin menjadi anggota penuh NATO.

“Qatar saat ini telah menjadi salah satu negara paling penting di kawasan untuk urusan kualitas persenjataan,” kata Attiyah kepada majalah resmi Kementerian Pertahanan Qatar, Altalaya.

“Soal keanggotaan, kami adalah sekutu utama dari luar NATO… Ambisinya adalah keanggotaan penuh jika kerja sama kami dnegan NATO berkembang dan visi kita jelas.”

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga