Digulingkan dari Kursi PM Spanyol, Mariano Rajoy Nyatakan Pensiun dari Politik

Digulingkan dari Kursi PM Spanyol Mariano Rajoy Nyatakan Pensiun dari Politik Mariano Rajoy (mirror)

Covesia.com - Perdana menteri terguling Spanyol Mariano Rajoy, yang akan turun sebagai ketua Popular Party (PP) setelah digulingkan pekan lalu, pada Rabu (06/06) mengatakan dia berencana untuk sekalian mundur dari politik.

“Saya berniat untuk meninggalkan politik dengan pasti, ada hal lain dalam hidup ini selain mendedikasikan diri kepada politik,” katanya dalam sebuah wawancara dengan radio Cadena Cope.

“Saya memiliki kehidupan politik yang sangat intens dan menurut saya sudah tidak ada artinya saya bertahan di sini,” kata Rajoy (63), menambahkan bahwa dia tidak akan menghadiri kongres darurat partai pada Juli untuk memilih penerusnya.

Rajoy, salah satu perdana menteri yang paling lama menjabat di Eropa, digulingkan pada Jumat setelah dia kalah dalam mosi tidak percaya di parlemen yang diajukan Sosialis atas kasus korupsi yang menodai PP. Dia digantikan oleh ketua partai Sosialis Pedro Sanchez.

Sejak dilantik pada 2011, Rajoy lolos dari dana talangan untuk sektor perbankan Spanyol, sebuah pemilu yang menghasilkan pemerintahan minoritas dan kampanye separatis di wilayah Catalunya.

Pada Selasa, dia mengumumkan bahwa dia mundur sebagai ketua PP.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga