AHY: Koalisi Demokrat Masih Terbuka Lebar

AHY Koalisi Demokrat Masih Terbuka Lebar Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: Antara Foto/ Puspa Perwitasari

Covesia.com - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan hingga saat ini segala kemungkinan koalisi masih terbuka lebar bagi Partai Demokrat.

 "`Anything is possible`. Semua bisa terjadi di `last minute,`" kata AHY di sela kunjungan ke Langkat, Sumatera Utara, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

 AHY mengutarakan kepastian koalisi di saat-saat akir sudah dialami sendiri olehnya ketika maju menjadi calon gubernur DKI lalu. Meskipun kalah dalam kontestasi politik di ibu kota, dia mengaku banyak mendapat pengalaman, sehingga kemudian dipercaya menjadi Komandan Kogasma untuk percepatan persiapan Demokrat dalam menghadapi perhelatan politik akbar tahun depan.

Sementara itu terkait kesiapannya maju di Pilpres 2019 atas maraknya hasil survei yang menunjukkan peningkatan elektabilitas AHY,  putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu menekankan bahwa Demokrat tidak bisa mengajukan calon presidennya sendiri karena terganjal aturan ambang batas pemilihan presiden atau presidential treshold.

Partai Demokrat memiliki 10,7 persen suara hasil Pemilu 2014 sehingga harus berkoalisi untuk dapat mengusung capresnya sendiri.

"Harus berkoalisi dengan partai lain. Akan ada kesepakatan-kesepakatan. Jadi, ini permainan tingkat tinggi," kata AHY.    

Terkait kunjungan ke Sumut, AHY mengungkapkan bahwa kegiatan itu merupakan bagian dari safari politik yang dilakukannya selaku Komandan Kogasma Partai Demokrat untuk Pemilu 2019.  

Setelah Sumut, dia mengaku akan melanjutkan lawatan ke Provinsi Riau.   

Dalam rangkaian kunjungannya ke Sumut, AHY turut didampingi sejumlah fungsionaris DPP Partai Demokrat, di antaranya Wakil Sekretaris Jenderal Rachlan Nashidik, Sekretaris Departemen Dalam Negeri H. Abdullah Rasyid, dan mantan pebulutangkis Taufik Hidayat.   

Selain itu turut mendampingi sejumlah elit Partai Demokrat seperti Agus Hermanto, yang juga merupakan Wakil Ketua DPR, dan sejumlah anggota Fraksi Demokrat di DPR, di antaranya Teuku Riefky Harsya, Jhoni Allen Marbun, dan Sayed Abubakar, serta sejumlah pengurus daerah Partai Demokrat.    

Pada kunjungan ke Langkat, Sumut, AHY menyempatkan diri bersilaturahim kepada Tuan Guru Babussalam Syekh Hasyim Al Syarwani di perkampungan religius Besilam, Kabupaten Langkat, untuk meminta doa terkait berbagai persiapan Partai Demokrat dalam menatap Pemilu 2019.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga