PT PELNI Batulicin Siapkan Empat Kapal Angkutan Lebaran

PT PELNI Batulicin Siapkan Empat Kapal Angkutan Lebaran Ilustrasi- Penumpang naik ke kapal laut saat mudik lebaran. (antara)

Covesia.com- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengoperasikan empat unit kapal untuk melayani penumpang pada arus mudik Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Empat kapal melayani penumpang rute pelabuhan Samudra Batulicin- Tanjung Perak Surabaya, Batulicin-Makasar-Kupang NTT, Kotabaru-Batulicin-Pulau Sembilan-Batulicin-Kotabaru-Majene-Tanjung Silo Sulawesi Barat dan sebaliknya," kata Kepala Kantor PT PELNI Cabang Batulicin, Purwadi, di Batulicin Rabu (6/6/2018).

Dikatakan, empat kapal tersebut di antaranya KM Egon, KM Wilis, KM Sabuk Nusantara 55, dan Amukti Palapa, yang masing-masing kapal memiliki kapasitas mencapai 544 penumpang.

Kapal-kapal itu berbeda dengan kapal yang sebelumnya pernah dioperasikan, yakni belum ada tempat tidur bagi para penumpang, namun saat ini setiap unit kapal yang disiapkan sudah memiliki tempat tidur untuk meningkatkan kualitas kenyamanan para penumpang.

Ia menjelaskan, untuk kapal angkutan lebaran tahun ini pihaknya sangat memprioritaskan kenyamanan penumpang, yang dulunya penumpang tidak mendapatkan jaminan tempat tidur saat di dalam kapal, namun semenjak bergantinya aturan yang baru oleh perusahaan maka kapal yang tidak ada tempat tidur bagi penumpang semuanya diganti.

Sekarang para penumpang tidak perlu khawatir saat berlayar untuk tidak mendaprkan tempat tidur, karena kapasitas yang yang tersedia sangat mencukupi.

Pelayaran rute Surabaya Batulicin, mereka mengoperasikan KM Egon, kapal tersebut jenis Roro, selain sebagai kapal mengangkut penumpang juga bisa digunakan mengangkut barang dan kendaraan sekaligus.

Kapal tersebut dioperasikan dua minggu satu kali dengan harga tiket untuk penumpamng orang dewasa Rp201.000/orang, sedangkan untuk bayi atau anak-anak Rp26.000/ orang, untuk kendaraan roda dua Rp450.000/ unit dan kendaraan roda empat sekelas kijang Rp2.064.000/ unit.

Sedangkan untuk kapal perintis KM Wilis rute Batulicin-Makasar beroperasi duaminggu satukali keberangkatan, dengan harga tiket penumpang orang dewasa Rp175.000, sedangkan untuk balita atau anak-anak Rp22.500 per orang.

(ant/jon)

 

Berita Terkait

Baca Juga