Pesawat Tempur F-16 Milik Taiwan Jatuh di Pegunungan, Seorang Pilot Tewas

Pesawat Tempur F16 Milik Taiwan Jatuh di Pegunungan Seorang Pilot Tewas Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Angkatan udara Taiwan mengatakan pilot pesawat tempur F-16 tewas setelah pesawatnya jatuh pada Senin (04/06) di pegunungan pada awal latihan penembakan tahunan.

Pesawat tersebut menghilang dari radar di atas daerah pegunungan di daerah timur laut Keelung pada 0543 GMT, 34 menit setelah lepas landas, ungkap angkatan udara tersebut.

Kementerian pertahanan, kepolisian setempat dan departemen pemadam kebakaran melakukan pencarian darat dan udara untuk menemukan pilot berusia 31 tahun itu, Mayor Wu Yen-ting, selama beberapa jam sebelum menemukan bangkai pesawat pada Senin malam.

“Dapat dikonfirmasi bahwa sang pilot tewas dalam tugasnya... sebuah komisi akan dibentuk nanti untuk menyelidiki dan mengklarifikasi penyebab kecelakaan,” ungkap angkatan udara tersebut dalam sebuah pernyataan.

Presiden Tsai Ing-wen dan Menteri Pertahanan Yen De-fa mengungkapkan belasungkawa mereka dan menjanjikan kompensasi bagi keluarga sang pilot.

Wu juga terlibat dalam kecelakaan pesawat F-16 terakhir di Taiwan pada 2013, ketika dia terjun dengan selamat menggunakan parasut menyusul dugaan kerusakan mesin.

Latihan “Han Guang” (Kejayaan Han) selama lima hari dimulai pada Senin dengan sejumlah pasukan mempraktikkan aksi untuk menggagalkan “invasi” Tiongkok dengan melakukan serangan yang mengejutkan di pantai untuk merefleksikan ancaman militer yang kian meningkat dari Beijing.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga