Komnas HAM Sesalkan Pernyataan Jaksa Agung Soal Hasil Penyelidikan Kasus HAM Berat

Komnas HAM Sesalkan Pernyataan Jaksa Agung Soal Hasil Penyelidikan Kasus HAM Berat Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (tengah), (Istimewa)

Covesia.com- Komnas HAM menyesalkan pernyataan Jaksa Agung HM Prasetyo yang menilai bahwa hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Komnas HAM terkait kasus pelanggaran HAM berat masa lalu hanya asumsi dan opini.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menjelaskan bahwa pihaknya telah menyerahkan laporan penyelidikan atas dugaan terjadinya peristiwa- peristiwa pelanggaran HAM yang berat kepada Jaksa Agung sebagai penyidik. Oleh karena itu, jaksa Agung sebagai penyidik berkewajiban untuk menidaklanjuti laporan penyelidikan Komnas HAM sesuai kewenangannya sebagai diatur dalam UU No. 26/2000.

“Pernyataan Jaksa Agung tersebut tidak sesuai dengan hukum yang ada. Proses penyelidikan Komnas HAM telah dilakukan secara patut sesuai dengan lingkup dan batas kewenangan Komnas HAM sebagai penyelidik guna menyelidiki ada atu tidaknya peristiwa pelanggaran HAM yang berat. Sesungguhnya hasil penyelidikan Komnas HAM adalah keterangan korban, keterangan saksi- saksi dan ditunjang dengan alat bukti,” kata Ahmad Taufan Damanik dalam keterangan tertulis yang diterima Covesia.com, Senin (4/6/2018).

Komnas HAM memandang bahwa perintah Presiden Joko Widodo kepada Jaksa Agung agar menyelesaikan peristiwa- peristiwa dugaan pelanggaran HAM yang berat bermakna bahwa Jaksa Agung harus melaksanakan wewenangnya sebagai penyidik sesuai ketentuan UU NO. 26 Tahun 2000 tentang pengadilan HAM.

“Adapun tindakan hukum yang diambil Jaksa Agung berdasarkan Undang- Undang 26/2000 tentang Pengadilan HAM merupakan sepenuhnya lingkup kewenangan Jaksa Agung,” ujar dia.

Selain itu, Komnas HAM juga mengapresiasi inisiatif dan perhatian Presiden untuk menyelesaikan peristiwa- peristiwa pelanggaran HAM yang berat.

“Perintah Presiden kepada Jaksa Agung untuk menyelesaikan peristiwa- peristiwa pelanggaran HAM yang berat adalah sebuah langkah maju,” tuturnya.

(jon)

 

Berita Terkait

Baca Juga