Terkait Film yang Rendahkan Nabi Muhammad, Mesir Perintahkan Blokir YouTube

Terkait Film yang Rendahkan Nabi Muhammad Mesir Perintahkan Blokir YouTube Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Pengadilan administratif tertinggi Mesir, Sabtu (26/05), memerintahkan otoritas untuk memblokir situs web berbagi video YouTube di negara itu dalam sebulan, setelah proses banding selama bertahun-tahun atas sebuah film yang merendahkan Nabi Muhammad SAW, ungkap sumber pengadilan.

Pengadilan rendah memerintahkan agar situs berbagai video itu diblokir pada 2013 setelah situs itu menayangkan video ‘Innocence of Muslims’, tetapi kasus tersebut diajukan banding oleh Otoritas Pengaturan Telekomunikasi Nasional (National Telecommunications Regulatory Authority/NTRA) Mesir, dan putusannya tetap diberlakukan.

Film amatir pada 2012 itu menggambarkan Nabi Muhammad SAW sebagai seorang paedofil, dan memicu gelombang protes anti-Amerika Serikat (AS) di seluruh Timur Tengah, yang menyebabkan kematian lebih dari 30 orang.

Washington berusaha mengendalikan demonstrasi dengan mengatakan bahwa film kontroversial itu dibuat secara pribadi tanpa dukungan resmi.

Pejabat AS mengatakan hukum kebebasan berpendapat mencegah mereka untuk menghentikan produksi material yang menyinggung tersebut.

Putusan tersebut dianggap sebagai keputusan akhir dan tidak dapat diajukan banding

Pada Sabtu sore, YouTube masih bisa diakses di Kairo.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga