Ke Padang, Presiden Jokowi Kembali Singgung Soal Isu PKI

Ke Padang Presiden Jokowi Kembali Singgung Soal Isu PKI Kunjungan Presiden Jokowi ke Padang, Sumbar, Senin (21/5/2018). Foto: Setpres

Covesia.com - Presiden Joko Widodo tegaskan bahwa ia dan keluarganya bukan keturunan dari Partai Komunis Indonesia (PKI) saat meresmikan KA Minangkabau Ekspres di Padang Pariaman. Senin, (21/5/2018).

"Banyak isu yang beredar di daerah yang menyebutkan saya keturunan PKI, Ini perlu saya jawab sekarang. Saya lahir tahun 1961, sementara itu PKI dibubarkan tahun 1965, artinya saya masih balita umur 3,5 tahun tentu tidak mungkin ada balita PKI," ujar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Kata Joko Widodo, sebenarnya sangat mudah sekali bagi masyarakat untuk mengetahui identitas keluarganya karena semua Ormas ada di Solo dan bisa ditanya secara lansung kepada tetangga terdekat.

"Isu tersebut terus dikejar. Orangtuanya Jokowi PKI. Telusuri saja, kan mudah. Semuanya sudah terbuka. Tanya langsung sama pengurus masjid di dekat rumah saya, siapa nenek saya, kakek saya, bapak saya, ibu saya," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan ada isu yang menyebutkan dirinya anak keturunan cina Singapura. Menyikapi isu itu tersebut, ia menilai perlu meluruskannya agar supaya isu tersebut tidak meluas kemana-mana.

"Bapak ibu saya orang desa. Kalau isu-isu ini diteruskan kita tak produktif dan  menghabiskan energi untuk membahasnya oleh karena itu, semua elemen masyarakat Indonesia harus meninggalkan isu-isu negatif dan fokos kepada pembangunan dan sumberdaya manusia," ujarnya.

(dil/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga