Erdogan Samakan Kebrutalan Israel Terhadap Warga Palestina dengan Nazi di PD II

Erdogan Samakan Kebrutalan Israel Terhadap Warga Palestina dengan Nazi di PD II Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (dailymail)

Covesia..com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Jumat (18/05), membandingkan aksi Israel terhadap warga Palestina di Gaza dengan aksi penganiayaan Nazi terhadap Yahudi dalam Perang Dunia II.

“Tidak ada perbedaan antara kekejaman yang dihadapi oleh kaum Yahudi di Eropa 75 tahun lalu dengan kebrutalan yang dialami saudara-saudara kami di Gaza,” katanya dalam KTT pemimpin-pemimpin Islam di Istanbul.

Erdogan menyerukan pertemuan luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (Organisation of Islamic Cooperation/OIC) di Istanbul setelah pasukan Israel pada Senin membunuh sekitar 60 warga Palestina di perbatasan Gaza.

Dia menambahkan bahwa kepemimpinan orang-orang “yang dijadikan sasaran dari semua jenis penyiksaan di kamp konsentrasi selama Perang Dunia II menyerang warga Palestina dengan metode serupa dengan Nazi.”

“Saya akan mengatakan secara terbuka dan jelas bahwa yang dilakukan Israel adalah bandit, kebrutalan dan teror terhadap negara,” tambahnya.

Sekitar enam juta warga Yahudi dibunuh oleh Nazi selama Perang Dunia II dalam sebuah tragedi Holocaust.

Erdogan sebelumnya mengatakan kepada unjuk rasa massa di Istanbul bahwa sebagai korban Holocaust, rakyat Yahudi Israel harusnya menghentikan aksi pemerintahan mereka terhadap warga Palestina.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga