PBNU Siagakan Banser Jaga Keamanan

PBNU Siagakan Banser Jaga Keamanan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) (Foto: nu.or.id)

Covesia.com - Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faisal Zaini mengatakan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang merupakan badan otonom NU dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor telah diisntruksikan untuk menjaga keamanan dan mengingatkan warga agar waspada.

"Negara sudah memanggil untuk menjaga keamanan dan kami sudah instruksikan satuan Banser untuk merapatkan barisan," kata Helmy kepada wartawan di Kantor PCNU Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu.

Helmy mengatakan aksi teror yang terjadi belakangan ini memanggil warga NU khususnya Banser untuk bisa membantu aparat melakukan pengamanan dan ini sudah panggilan Negara.

Selain itu dia juga mengajak keluarga besar NU meningkatkan kewaspadaan dan membantu aparat berwenang, salah satunya menginformasikan bila ada upaya atau gerakan terorisme. 

Terutama gerakan terorisme yang diindikasikan bertujuan mendirikan negara agama, dimana ini sudah terpola dan terdesain.

PBNU kata Helmy mengutuk seluruh tindakan anarkisme dan terorisme yang mengatasnamakan agama. Dia meyakinkan, jihad melalui cara kekerasan merupakan pemahaman yang menyesatkan.

"Karena jihad sesungguhnya itu menyebarkan dan mengajarkan Islam dengan cara-cara damai, bukan dengan aksi teror dan menebarkan kebencian. Sebarkan Islam dengan ramah, bukan marah. Ajak, bukan ejek. Rangkul, bukan mukul," ujarnya.

PBNU juga mengucapkan rasa belasungkawa terhadap korban terorisme, baik di Mako Brimob Jakarta hingga Surabaya, untuk itu masyarakat tak terprovokasi dan mengikuti kelompok yang mengajarkan jihad melalui aksi teror.

"PBNU bersama tokoh lintas agama akan mendiskusikan langkah-langkah, salah satunya membuka posko di beberapa tempat sebagai antisipasi. Kami bantu pemerintah perangi terorisme," katanya.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga