Ormas Islam Minta DPRD Bukittinggi Sampaikan Aspirasi ke Kementerian Agama

Ormas Islam Minta DPRD Bukittinggi Sampaikan Aspirasi ke Kementerian Agama Aksi unjuk rasa Ormas Islam Bukittinggi terkai larangan bercadar (Foto: Debi Kurnia/ Covesia)

Covesia.com - Ormas Islam yang terdiri dari beberapa aliansi umat islam di Sumatera Barat (Sumbar) dalam unjuk rasa yang digelar, Jumat (11/5/2018) meminta DPRD Bukittinggi untuk memfasilitasi tuntutan mereka ke Kementerian Agama terkait larangan bercadar yang diterapkan IAIN Bukittinggi.

"Terkait pelarangan bercadar di IAIN Bukittinggi telah membuat resah umat Islam maka dari itu kami menuntut agar dihapuskan diskriminasi di kampus, memberhentikan rektor IAIN Bukittinggi, dan mencabut skorsing dosen bercadar," ungkap ketua FBI Sumbar, Muhammad Busra. 

Ia meminta kepada DPRD setempat agar tuntutan mereka disampaikan karena IAIN merupakan sekolah yang berdiri di kota Bukittinggi dan DPRD menjadi tempat aspirasi rakyat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bukittinggi Trismon mengatakan akan menyampaikan tuntutan yang disampaikan dalam orasi tersebut. 

"DPRD akan menyampaikan apa yg menjadi tuntutan dalam orasi dan akan segera ditindak lanjuti dan diteruskan ke Menteri beserta dengan berita acara yang dibuat," jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa DPRD tidak berhak untuk memberhentikan rektor karena itu bukan kewenangannya. 

Disisi lain, aliansi umat islam dalam demo tersebut berharap agar tuntutannya dalam waktu dekat segera disampaikan dan ditanggapi. 

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga