Rusia Desak Semua Pihak Menahan Diri Terkait Serangan Israel di Suriah

Rusia Desak Semua Pihak Menahan Diri Terkait Serangan Israel di Suriah Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov pada Kamis (10/05) mendesak “semua pihak menahan diri” menyusul serangan Israel terhadap target Iran di Suriah, dan menyatakan Moskow “khawatir” dengan eskalasi itu.

“Kami telah menghubungi semua pihak dan kami meminta semua pihak menahan diri,” kata Bogdanov, menambahkan bahwa Moskow “khawatir” atas perkembangan situasi tersebut.

Militer Israel pada Kamis mengatakan mereka menghantam puluhan target militer Iran di Suriah, dalam salah satu operasi militer terbesar selama beberapa tahun terakhir dan yang terbesar terhadap target Iran.

Serangan itu dilancarkan sehari setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggelar perundingan di Moskow bersama Presiden Rusia Vladimir Putin, yang negaranya menyediakan dukungan militer dan diplomatik kepada rezim Assad di Suriah.

Putin mengungkapkan “kekhawatiran mendalam” atas penarikan Amerika Serikat (AS) oleh Presiden Donald Trump dari perjanjian nuklir Iran, sebuah keputusan yang didukung Netanyahu. Pada Rabu Putin menyebut situasi di Timur Tengah “sangat parah.”

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga