Mengulik Kembali Gagasan Kebangsaan dan Semangat Nasionalisme Kartini

Mengulik Kembali Gagasan Kebangsaan dan Semangat Nasionalisme Kartini RA Kartini

Covesia.com - Di Indonesia, setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Sosok Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi perempuan.

Padahal, perjuangan Kartini lebih luas dari itu. Pergerakan kebangsaan dan kebangkitan nasional Indonesia banyak dipengaruhi ide-ide Kartini. Bahkan, beberapa tahun sebelum berdirinya Boedi Oetomo dan gagasan-gagasan tentang kebangsaan Jawa muncul dari tokoh-tokohnya, terutama dari Soetomo dan Wahidin Soedirohoesodo.

Kartini telah mengungkapkan gagasannya tentang kebangsaan, sebagaimana dipaparkan Doktor Dri Arbaningsih dalam buku Kartini dari Sisi Lain: Melacak Pemikiran Kartini tentang Emansipasi "Bangsa".

Menurut Dri, bangsa yang dimaksud Kartini ketika itu adalah pengertian rasa berbangsa orang Jawa sebagai rakyat yang memiliki bahasa, wilayah, dan budaya.

Jadi, Jawa dalam pengertian ini bukan sebatas pada pemahaman sebagai rakyat tanpa identitas. Pada tahun 1903, misalnya, Kartini telah menggunakan istilah nasion, yang membuat banyak pelajar Stovia (Sekolah Dokter Pribumi) terbakar semangat nasionalismenya.

Pelajar Stovia bersama Kartini dan Roekmini secara informal membentuk komunitas Jong Java. Dalam suratnya kepada seorang pelajar Stovia, Kartini mengingatkan bahwa mereka adalah 'Jong Java', bangsa Jawa, yang berkewajiban mencerdaskan rakyat yang miskin dan bodoh agar mampu setara dengan Belanda.

Tanpa kesepakatan dengan para pelajar Stovia bahwa sesungguhnya mereka adalah 'Jong Java', dengan segala kewajibannya itu, barangkali tidak akan pernah ada Boedi Oetomo pada tahun 1928, Sarekat Islam pada tahun 1911, Perhimpunan Indonesia pada 1922, Sumpah Pemuda pada tahun 1928, partai-partai dan organisai pemuda-pemudi, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, dan Deklarasi Djuanda pada tahun 1982 tentang batas wilayah laut Nusantara," ungkap Dri dalam sebuah kesempatan beberapa tahun yang lalu.

Sayangnya, dari sejarah yang sampai, seolah-olah yang berperan pada momen itu semuanya hanya lelaki, tidak ada perempuannya. Padahal, seperti diakui oleh Dokter Soetomo, Ketua Boedi Oetomo, dan teman-teman seperjuangannya pada masa itu, ide-ide Kartini memiliki peran besar dalam pergerakan kebangsaan Indonesia.

Kebesaran Kartini telah direduksi. Kemungkinan besar, persepsi yang melenceng itu terjadi karena orang-orang hanya mengenal sosok Kartini dari buku kumpulan surat-surat Kartini yang terkumpul di tangan Mr JH Abendanon, Direktur Pendidikan, Ibadah, dan Kerajinan Pemerintah Otonomi Hindia-Belanda (1900-1905), Door Duisternis tot Licht, yang terbit pertama kali pada April 1911, tujuh tahun setelah Kartini wafat.

Dri Arbaningsih menduga, buku itu merupakan upaya pengalihan perhatian orang dari inti pemikiran dan perjuangan Kartini mengenai kebangkitan Jawa sebagai suatu nasion, bangsa, melalui pendidikan nalar dan akhlak.

Puncak karya pikir Kartini tertuang pada sebuah nota yang ditujukan kepada Menteri Pendidikan Seberang Lautan Kerajaan Belanda, yang intinya adalah meminta kepada Kerajaan Belanda untuk memberikan pendidikan bagi bangsa Jawa, dimulai dari pendidikan bagi para bangsawan dan para perempuan bangsawan.

Ia juga mengimbau selain didirikannya sekolah kepandaian putri, tapi juga sekolah bagi para pamong praja dan jaksa bumiputra serta menyarankan agar obat-obatan tradisional diperkenalkan oleh para dokter Jawa, tutur Dri. Sastrawan Pramoedya Ananta Toer dalam buku Panggil Aku Kartini Saja (1962) juga menulis soal Kartini yang tidak hanya bergelut dalam masalah-masalah domestik.

Dalam buku itu diperlihatkan bagaimana kiprah dan pemikiran Kartini tentang banyak hal, termasuk buku-buku asing yang dibaca Kartini. Menurut Pram, pada Kartini justru tak ada tanda-tanda provinsialisme.

'Buat pekerjaan bersama mengangkat derajat rakyat Hindia Belanda, ia [Kartini] pandang setiap orang pribumi yang terpelajar, yang tidak lenyap ditelan alam leluhurnya atau lebur menjadi Belanda cokelat, adalah sejawat-sejawat yang harus bergandengan tangan, bantu membantu, dan isi-mengisi,' tulis Pram dalam buku tersebut.

Ini terbukti antara lain dari penghargaan Kartini terhadap Abdul Rivai, dokter Jawa lulusan 1894 yang berasal dari Sumatera Barat. Kartini kagum karena Rivai rela melepas semua jabatannya di Hindia Belanda untuk meneruskan pelajaran di Belanda, tapi ketika akan menempuh ujian tidak diperbolehkan oleh Menteri Dalam Negeri Belanda.

"Oh, sekiranya kami dapat mengadakan kontak dengan pemuda-pemuda kami yang beradab dan maju, seperti Abdul Rivai dan lain-lain…," tulis Kartini dalam salah satu suratnya kepada Nyonya Abendanon.

Malah, Kartini yang telah menerima beasiswa untuk melanjutkan studi di Belanda kemudian tidak mempergunakan kesempatan itu. Ia malah memohon agar beasiswa itu diserahkan kepada Agus Salim, pemuda kelahiran Sumatera Barat, yang ketika itu Kartini kira berasal dari Riau.

Kartini pun menulis surat kepada Nyonya Abendanon pada 29 November 1901, yang ia harapkan diteruskan kepada suaminya, Mr JH Abendanon. Demikian tulis Kartini: 'Pemuda itu bernama Salim, seorang Sumatra dari Riau, yang tahun ini lulus ujian HBS dan no. 1 dari ketiga-tiga HBS yang ada'.

Pemuda ini ingin sekali pergi ke Holland buat meneruskan pelajaran jadi dokter, sayang keuangannya tidak mengizinkan. Ayahnya hanya bergaji f150. Kalau perlu mau dia menjadi kelasi, asal bisa ke Holland saja. Tanyailah Hasim tentang dia, karena dia pernah mendengar pidatonya di Stovia.

Pemuda itu adalah seorang yang pandai, berani, yang patut sekali dibantu. Waktu kami dengar tentang dirinya dan tentang angan-angannya timbullah hasrat besar dalam hati kami untuk memudahkan dia.

Maka teringatlah kami pada keputusan pemerintah tertanggal 7 Juli 1903, keputusan yang sangat kami harap-harapkan tetapi yang dengan berduka-cita kami terima. 'Haruskah buah kerja kawan-kawan yang mulia, harapan-harapan kami, doa dan hasrat kami, mesti lenyap tanpa guna?'

Tak mungkinkah orang menggunakannya? Pemerintah menyediakan bagi kami 4.800 buat menyelesaikan pelajaran kami. Tidakkah itu bisa diberikan kepada orang lain, yang barangkali lebih dari kami, tetapi sudah pasti tidak bakal kurang daripada kami selayaknya mendapat bantuan?

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga