NASA Luncurkan Pesawat Antariksa Pemburu Planet Senilai Rp4,6 Triliun

NASA Luncurkan Pesawat Antariksa Pemburu Planet Senilai Rp46 Triliun

Covesia.com - NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa pemburu planet terbarunya, TESS, satelit senilai 337 juta dolar Amerika (sekitar Rp4,61 triliun) yang bertujuan untuk memindai 85 persen langit untuk mengidentifikasi benda kosmik yang kemungkinan memiliki kehidupan, Rabu (18/04).

"Tiga, dua, satu, dan lepas landas!" kata seorang komentator NASA saat Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) terbang ke langit biru di atas roket SpaceX Falcon 9 dari Cape Canaveral, Florida pada pukul 18.51 waktu setempat.

Pesawat ruang angkasa berukuran sebesar mesin cuci itu dibuat untuk mencari di luar tata surya, memindai bintang terdekat yang paling terang untuk tanda-tanda peredupan periodik. Kalimat "transit" ini dapat berarti bahwa planet-planet berada di orbit di sekitar mereka.

TESS diperkirakan akan mengungkap 20.000 planet di luar tata surya kita, termasuk lebih dari 50 planet seukuran Bumi dan hingga 500 planet kurang dari dua kali ukuran Bumi, kata NASA.

Temuaan TESS akan dipelajari lebih lanjut oleh teleskop di darat dan angkasa untuk tanda-tanda kelayakan untuk ditinggali, termasuk sebuah platnet berbatu, ukuran yang mirip dengan Bumi dan jarak dari matahari mereka - tidak terlalu dekat atau terlalu jauh - yang memungkinkan suhu yang tepat untuk cairan seperti air.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga