NASA Luncurkan Pesawat Antariksa Senilai Rp4,6 Triliun untuk Cari Planet Baru

NASA Luncurkan Pesawat Antariksa Senilai Rp46 Triliun untuk Cari Planet Baru Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - NASA siap meluncurkan pesawat antariksa sebesar mesin cuci senilai 337 juta dolar AS (sekitar Rp4,64 triliun) yang ditujukan untuk memperluas pencarian planet di luar tata surya, terutama yang lebih dekat, berukuran seperti Bumi yang mungkin memiliki kehidupan.

Transiting Exoplanet Survey Satellite atau TESS dijadwalkan akan meluncur pada Senin (16/04) pada pukul 18.32 (2232 GMT) dengan menumpang roket SpaceX Falcon 9 dari Cape Canaveral, Florida.

Tujuan utamanya dalam dua tahun ke depan adalah memindai lebih dari 200.000 bintang paling terang untuk mencari tanda-tanda planet yang mengelilingi mereka, dan menyebabkan penurunan kecerahan yang dikenal dengan transit.

NASA memprediksikan bawa TESS akan menemukan 20.000 eksoplanet – atau planet di luar tata surya – termasuk lebih dari 50 planet seukuran Bumi dan hingga 500 planet yang kurang dari dua kali lipat ukuran Bumi.

“Mereka akan mengorbit bintang paling dekat, paling terang,” kata Elisa Quintana, ilmuwan TESS di Goddard Spaceflight Center NASA, kepada reporter pada Minggu.

“Kita bahkan mungkin akan menemukan bintang orbit yang bisa kita lihat secara kasat mata,” tambahnya.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga