Nissan Hadirkan SUV Terra, Ini Dia Keunggulannya

Nissan Hadirkan SUV Terra Ini Dia Keunggulannya Nissan Terra

Covesia.com - Setelah vacuum beberapa tahun pada kelas SUV, Nissan hadir kembali dengan SUV anyar terbaru yakni Terra. Terra memulai debut perdana dan memulai penjualannya di negeri tirai bambu, China.

Nissan meyakini bahwa peluncuran SUV Terra dilakukan secara bertahap untuk memilih pasar yang tepat di Asia hingga akhir tahun ini. Pada pasar China, Terra akan dijual oleh Dongfeng Nissan dan Nissan ZhengZhou.

“Nissan Terra dibangun di atas warisan DNA SUV kami yang kuat, kemudian kami gabungkan antara kebutuhan pelanggan Asia dan kinerja kendaraan SUV. Terra merupakan keturunan dari Nissan Patrol, yang sempat menjadi ikon off-road tangguh kami yang awalnya dirancang untuk digunakan polisi dan militer,”kata Ashwani Gupta, wakil presiden senior untuk Nissan Light Commercial Vehicle Business, dikutip covesia.com dari laman Rajamobil.

Nissan Terra dibangun diatas sasis Ladder-Frame yang memilik dimensi panjang 4.882 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.835 mm. Untuk meningkatkan kenyamanan, Terra didesain dengan wheelbase sepanjang 2.850 mm.

Nampaknya Nissan juga serius untuk bersaing kembali di segmen SUV dengan melakukan pendekatan kebutuhan. Hal tersebut dibuktikan dengan klaim ground clereance terbaik dikelasnya setinggi 225 mm serta approach angle 32° dan departure angle 27°.

Guna meningkatkan kenyamanan da menjawab kebutuhan pasar China, Terra dijual dengan format 5 tempat duduk. Meski begitu, Terra memiliki dimensi cukup panjang sehingga memungkinkan bahwa mobil ini akan dijual dengan pilihan 7 kursi.

Namun, untuk penjualan dengan 7 kursi, belum dikonfirmasi secara tepat. Sejatinya, kendaraan SUV memiliki ciri khas kursi untuk 5 penumpang. Mungkinkah Nissan mempertahankan hal tersebut dibandingkan ergonomis?

Kami berfikir bahwa Terra akan dibekali dengan mesin diesel seperti halnya SUV pada merek lain. Namun, Nissan nampaknya belum ingin mengikuti hal yang sama. Untuk itu, Nissan membekali Terra dengan mesin QR25 bekapasitas 2.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 hp dan torsi sebesar 251 Nm.

Mesin QR25 ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 7 kecepatan dan manual 6 kecepatan serta dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda. Meski berbahan bakar bensin, DNA Off-road terus dipertahankan, sehingga Terra juga dilengkapi dengan diferensial belakang, hill descent control dan Hill start assist.

Untuk kemewahan, Nissan memang tidak pernah berada dibawah kelas untuk memberikan fitur-fitur mewah. Terra dilengkapi dengan velg berukuran 18 inchi, sunroof, lampu berteknologi LED pada bagian depan dan belakang, Keyless entry and start, layar cluster 5”, layar enterainment 7” yang terhubung dengan 6 spaker berkualitas. Nissan Terra juga dilengkapi dengan dual-zone climate control yang belum ada dikelasnya.

Tidak hanya itu, Terra juga didukung dengan Safety-wise, terdapat tujuh airbag disekujur tubuh Terra. Kemudian dilengkapi juga dengan Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Nissan Safety Shield, yang mencakup Peringatan keluar jalur. Peringatan Blind Spot, Deteksi Objek Bergerak dan Pengereman Darurat Cerdas.

Absen selama 8-10 tahun, Nissan menghadirkan SUV termewah dikelasnya dengan beragam fitur-fitur terbaru. Nampaknya Nissan mempelajari betul kebutuhan pasar Asia. Kira-kira kapan ya Nissan Terra mengaspal di Indonesia?


(sea)

Berita Terkait

Baca Juga