NATO Dukung Serangan Barat ke Suriah

NATO Dukung Serangan Barat ke Suriah Logo NATO (vipr-bg.com)

Covesia.com - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyatakan dukungannya untuk serangan udara negara Barat di Suriah, Sabtu (14/04), sebagai respons atas dugaan serangan senjata kimia terbaru.

“Saya mendukung tindakan yang dilakukan Amerika Serikat, Inggris dan Prancis... Ini akan mengurangi kemampuan rezim untuk menyerang rakyat Suriah lebih lanjut dengan senjata kimia,” kata Stoltenberg dalam sebuah pernyataan.

Dia menyebut penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah sebagai “pelanggaran terang-terangan norma dan kesepakatan internasional.”

Amerika Serikat, Inggris dan Prancis melancarkan gelombang serangan udara yang menargetkan rezim Assad pada Sabtu, sepekan setelah dugaan serangan gas mematikan di daerah pinggiran Damaskus yang dikuasai pemberontak, Douma.

“NATO menganggap penggunaan senjata kimia sebagai ancaman bagi perdamaian dan keamanan internasional, dan meyakini bahwa penting untuk melindungi Konvensi Senjata Kimia,” imbuh pernyataan tersebut.

“Ini menyerukan respons kolektif dan efektif oleh komunitas internasional.”

NATO, yang tidak terlibat langsung dalam operasi koalisi internasional di Suriah, mengumumkan para duta besarnya akan bertemu pada Sabtu di markasnya di Brussel

“Tujuan pertemuan yaitu agar Prancis, Inggris dan Amerika Serikat dapat memberi tahu Dewan tentang perkembangan terbaru di Suriah,” ungkapnya dalam sebuah pernyataan.

Stoltenberg akan memberikan konferensi pers usai pertemuan.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga