Inggris Setuju Aksi Bersama AS Terkait Serangan di Suriah

Inggris Setuju Aksi Bersama AS Terkait Serangan di Suriah Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Pemerintah Inggris pada Kamis (12/04) setuju dengan “perlunya melakukan aksi” bersama dengan Amerika Serikat (AS) dan Prancis atas serangan senjata kimia di Suriah, kata kantor Perdana Menteri Theresa May.

“Kabinet menyetujui perlunya melakukan aksi untuk meredakan penderitaan kemanusiaan dan mencegah penggunaan senjata kimia lebih lanjut oleh rezim Assad,” kata Downing Street setelah May menggelar rapat darurat bersama tim utamanya.

Para menteri “setuju bahwa perdana menteri harus terus bekerja sama dengan sekutu di Amerika Serikat dan Prancis untuk mengoordinasikan sebuah respons internasional,” tambah kantor May.

Pertemuan di London tersebut digelar saat Presiden AS Donald Trump mempertimbangkan pilihan militer dan Prancis memperingatkan mereka memiliki “bukti” bahwa rezim Suriah menggunakan senjata kimia.

Tekanan semakin meningkat terhadap rezim Bashar Al-Assad pendukungnya, Rusia, sejak dugaan serangan kimia pada Sabtu di kota Douma yang dikuasai pemebrontak.

Pemerintah Inggris mengatakan serangan mematikan itu merupakan “tindakan mengejutkan dan biadab” yang menewaskan orang-orang “dengan cara paling mengerikan dan tidak manusiawi.”

“Kabinet sepakat bahwa rezim Assad memiliki rekam jejak penggunaan senjata kimia dan kemungkinan besar rezim menjadi dalang atas serangan pada Sabtu,” kata Downing Street.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga