Soal Serangan Amerika ke Suriah, Rusia Kemungkinan Minta Pertemuan DK PBB

Soal Serangan Amerika ke Suriah Rusia Kemungkinan Minta Pertemuan DK PBB Ilustrasi

Covesia.com -  Anggota parlemen Rusia Vladimir Dzhabarov pada Sabtu mengatakan, Rusia kemungkinan akan meminta pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membahas serangan udara Amerika Serikat, Inggris dan Prancis di Suriah.

"Situasi sedang dianalisis sekarang. Rusia akan meminta pertemuan Dewan Keamanan PBB, saya pikir, pasti," kata Dzhabarov, wakil kepala komisi urusan luar negeri Rusia, sebagaimana dikutip oleh RIA.

Semalam, pasukan AS, Inggris dan Prancis meluncurkan lebih dari 100 misil dari kapal dan pesawat berawak, menargetkan tiga fasilitas senjata kimia utama Suriah.

Serangan itu merupakan tanggapan terhadap serangan yang diduga menggunakan senjata kimia di Kota Douma, Suriah akhir pekan lalu yang menewaskan puluhan warga sipil.

Suriah dan sekutunya Rusia membantah serangan semacam itu terjadi, dan Moskow menuduh Inggris membantu melancarkan insiden Douma untuk memicu histeria anti-Rusia.

Ketua komite urusan internasional dari majelis tinggi parlemen Rusia, Konstantin Kosachev, mengatakan serangan tersebut merupakan pelanggaran hukum internasional dan mungkin dirancang untuk mencegah para penyelidik dari pengawas senjata kimia global melakukan pekerjaan mereka.

"Ini ... kemungkinan besar upaya untuk menciptakan komplikasi bagi misi Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang baru memulai pekerjaannya di Douma, Suriah, atau upaya yang untuk sepenuhnya menggagalkannya," kata Kosachev dikutip Interfax.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga