PM Inggris Perintahkan Tembakkan Rudal ke Suriah

PM Inggris Perintahkan Tembakkan Rudal ke Suriah Ilustrasi

Covesia.com - Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan, dia memberikan wewenang kepada pasukan Inggris untuk menembakkan peluru kendali jelajah udara presisi di Suriah guna menurunkan kemampuan senjata kimia negara itu, dan menegaskan tidak ada pilihan selain tindakan militer, Sabtu.

Empat jet Royal Air Force Tornado yang menggunakan rudal Storm Shadow ambil bagian dalam serangan terhadap sebuah fasilitas militer dekat Homs. Ia menilai Suriah telah menimbun bahan kimia di sana, menurut Departemen Pertahanan Inggris (MoD).

Serangan, yang dilakukan dengan Amerika Serikat dan Prancis merupakan serangan "terbatas dan ditargetkan," yang dirancang untuk meminimalkan korban sipil, kata May. MoD mengatakan indikasi awal adalah bahwa senjata presisi dan perencanaan target yang teliti telah "menghasilkan serangan yang sukses."

"Ini bukan tentang campur tangan dalam perang saudara. Ini bukan tentang perubahan rezim," demikian May dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan serangan tersebut merupakan tanggapan terhadap bukti signifikan, termasuk bukti intelijen yang menunjukkan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad bertanggung jawab atas serangan yang menggunakan senjata kimia di Douma, Suriah Sabtu lalu, yang menewaskan hingga 75 orang termasuk anak-anak.

(ant/lif)


Berita Terkait

Baca Juga