26 April hingga 2 Mei Mendatang Dewan Keamanan PBB akan Kunjungi Myanmar, Bangladesh dan Irak

26 April hingga 2 Mei Mendatang Dewan Keamanan PBB akan Kunjungi Myanmar Bangladesh dan Irak PBB

Covesia.com - Dewan Keamanan PBB akan berkunjung ke Myanmar dan Bangladesh bulan ini untuk meninjau langsung dampak krisis pengungsi Rohingya, dan ke Irak menjelang pemilihan umum, Kamis (12/4/2018).

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan ke-15 duta besar Dewan Keamanan PBB akan melakukan kunjungan tersebut pada 26 April hingga 2 Mei.

Hampir 700.000 warga Rohingya diusir dari negara bagian Rakhine dan tinggal di kamp-kamp pengungsi yang penuh sesak di Bangladesh sejak operasi militer Myanmar pada Agustus tahun lalu.

Setelah dewan mengusulkan kunjungan pada Februari, pemerintah Myanmar mengatakan ini “bukan saat yang tepat,” tetapi akhirnya memberikan lampu hijau bulan ini.

Pihak berwenang Myanmar mengatakan operasi di negara bagian Rakhine bertujuan untuk membasmi ekstremis, tetapi Dewan Keamanan menuntut warga Rohingya diizinkan pulang dengan aman.

Kunjungan Dewan Keamanan PBB ke Irak digambarkan untuk menunjukkan dukungan menjelang pemilihan parlemen dan majelis provinsi pada 12 Mei.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga