Selama Lebaran 1439 H, 393 KA akan Dioperasikan

Selama Lebaran 1439 H 393 KA akan Dioperasikan Kereta rel listrik (KRL) menaikan dan menurunkan penumpang di Stasiun Cilebut, Bogor, Jawa Barat. (Antara Foto/ Yulius Satria Wijaya)

Covesia.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan sebanyak 393 kereta api selama masa Lebaran 2018. 

"Angka ini bertambah 40 perjalanan dari tahun sebelumnya. Untuk tiket tambahannya belum dijual, sedang kami koordinasikan karena ini KA baru juga baru masuk," kata Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro di sela kunjungannya di Stasiun Solo Balapan, Rabu (11/4/2018).

Pada tahun ini pihaknya juga tengah memesan sebanyak 10 "train set" atau rangkaian kereta kepada PT INKA. Dari total tersebut, 6 di antaranya sudah beroperasi sedangkan sisanya menyusul.

"Kalau memang sudah ada semua maka tiket akan segera dijual. Saat ini kami masih terus berkoordinasi untuk meminta konfirmasi dari PT INKA terkait kedatangan kereta," katanya.

Ia mengatakan KA tambahan tersebut nantinya akan dioperasikan di jalur utara dan selatan. Kapasitas total dari KA tambahan tersebut sebanyak 23.000 kursi.

Sementara itu, mengenai kegiatan kunjungannya, Edi mengatakan upaya tersebut rutin dilakukan jelang arus mudik Lebaran.

"Kami inspeksi kesiapan Daop, baik di jalur selatan maupun utara. Sejauh ini tiket H-1 dan H-2 Lebaran memang jadi favorit, tetapi untuk H-5 ke atas masih tersedia banyak, konsumen bisa cari," katanya.

Sementara itu, pihaknya menargetkan untuk Lebaran kali ini tidak ada kecelakaan maupun komplain dari penumpang.

"Harapannya `zero accident` dan `zero complain`. Untuk bisa merealisasikannya kami terus lakukan koordinasi," katanya.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga