50 Warga Pariaman Dilatih kewirausahaan oleh Kemenaker

50 Warga Pariaman Dilatih kewirausahaan oleh Kemenaker Foto: Rozi Yardinal

Covesia.com - Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Direktorat Jenderal Pembinaan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI memberi pelatihan kewirausahaan keterampilan pada 50 orang peserta di Pariaman, Sumbar.

"Sebanyak 50 peserta dari dua desa, yaitu 25 dari Desa Sikapak Barat dan 25 orang dari Desa Tungkal," kata Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman di Pariaman, Selasa (10/4/2018).

Ia mengatakan, kegiatan ini menunjang peserta untuk berwirausaha sesuai keterampilan yang dimiliki.

"Sebanyak 50 peserta yang berhasil mengambil ilmu keterampilan tersebut, maka setidaknya juga ada beberapa usaha yang dimiliki bisa berkembang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Direktorat Jenderal Pembinaan dan Produktivitas Kementrian Ketenagakerjaan RI, Yon Hendri mengatakan tujuan pelatihan berguna agar usaha-usaha tumbuh di daerah.

"Jika tidak adannya pendamping dari pemerintah daerah, maka pelatihan tidak berujung, maka melalui SOPD terkait sehingga pelaku usaha akan bisa berkembang," katanya.

Seterusnya, kata dia, materi yang diberikan kepada peserta yaitu pelatihan sablon dan tataboga. Dua hari materi dan dua hari lagi praktik.

"Ditahun 2018 ada 600 paket pelatihan kewirausahaan diadakan di Indonesia. Sampai sekarang baru 150 paket yang jalan," tutupnya.

Kontributor Pariaman: Rozi Yardinal

Berita Terkait

Baca Juga