Korut-AS Disinyalir Bakal Bahas Denuklirisasi

KorutAS Disinyalir Bakal Bahas Denuklirisasi Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat meluncurkan roket (Foto: Antara)

Covesia.com - Para pejabat Korea Utara telah mengatakan kepada pejabat-pejabat Amerika Serikat bahwa Kim Jong Un siap untuk membahas denuklirisasi, sebuah jaminan yang dapat membuka jalan bagi pertemuan dengan Presiden Donald Trump, menurut sejumlah laporan pada Minggu (8/4/2018).

Tawaran itu adalah yang pertama kalinya diajukan langsung ke Washington, setelah sebelumnya disampaikan melalui penasihat keamanan nasional Korea Selatan, Chung Eui-yong.

"AS telah mengonfirmasi bahwa Kim Jong Un bersedia membahas denuklirisasi Semenanjung Korea," kata seorang pejabat pemerintahan Trump kepada The Wall Street Journal dan Washington Post pada Minggu.

Washington mengejutkan para pengamat ketika pada bulan lalu mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui pertemuan pertama bersejarah antara Trump dan Kim yang akan diadakan pada akhir Mei.

Namun, Pyongyang sejak itu tidak menindaklanjuti permintaan Washington, yang Journal anggap bahwa Seoul melebih-lebihkan keinginan Korea Utara untuk bernegosiasi atas senjata nuklir mereka sendiri.

Belum ada tanggal atau tempat spesifik yang dirilis terkait pertemuan tersebut.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga