Seorang Komandan ISIS Tewas di Afghanistan

Seorang Komandan ISIS Tewas di Afghanistan Ilustrasi (mirror)

Covesia.com -Seorang komandan tinggi ISIS di Afghanistan tewas dalam serangan udara, kata para pejabat pada Sabtu (07/04), ketika pasukan Afghanistan dan AS melancarkan serangan terhadap kelompok ekstremis tersebut.

Qari Hekmat adalah komandan tertinggi jaringan ISIS Afghanistan di provinsi utara Jowzjan, tempat kelompok itu mendirikan benteng setelah mendapatkan tekanan kuat di provinsi timur Nangarhar.

Hekmat tewas pada Jumat dalam serangan udara Afghanistan di distrik Darzab, ujar Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan, menyebut dia sebagai "salah satu tokoh kunci" untuk ISIS di Afghanistan utara.

Dia terlibat dalam atau bertanggung jawab atas "serangan teroris mematikan" dan telah digantikan oleh Mawlawi Habib-ul-Rahman, tambah kementerian itu.

Gubernur provinsi Lutfullah Azizi menegaskan bahwa Hekmat telah tewas dan menyebutkan bahwa pasukan AS yang melancarkan serangan udara tersebut

Pasukan AS tidak segera merespons permintaan AFP untuk dimintai keterangan.

"Narasumber intelijen kami telah mengidentifikasi jenazahnya. Kematiannya akan memengaruhi perekrutan ISIS dan membubarkan para anggota ISIS di utara Afghanistan," kata Azizi.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga